Loading...
Loading…
Hasil Piala Afrika 2021: Hajar Burkina Faso via Adu Penalti, Kamerun Raih Peringkat Ketiga

Hasil Piala Afrika 2021: Hajar Burkina Faso via Adu Penalti, Kamerun Raih Peringkat Ketiga

Olahraga | inewsid | Minggu, 06 Februari 2022 - 04:50

YAOUNDE, iNews.id Kamerun meraih peringkat ketiga Piala Afrika 2021 setelah mengalahkan Burkina Faso melalui babak adu penalti. Pertandingan tersebut dilangsungkan di Stadion Ahmadou Ahidjo, Minggu (6/2/2022) WIB.

Tuan rumah Kamerun harus melakoni laga penuh drama saat melawan Burkina Faso. Mereka sempat tertinggal 0-3 sebelum melakukan comeback pada pertengahan babak kedua.

Vincent Aboubakar dkk akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dan memaksa laga diakhiri dengan adu penalti. The Indomitable Lions -julukan Kamerun- keluar sebagai pemenang setelah satu penendang Burkina Faso gagal menuntaskan tugas.

Babak Pertama

Sejak awal pertandingan, Burkina Faso mampu menunjukkan awal yang sangat menjanjikan. Taktik yang digunakan untuk melakukan serangan terbukti efektif membuat Kamerun sangat kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Setelah 15 menit jalan berlangsung, Kamerun mampu menunjukkan awal yang lebih baik dan dari sebelumnya. Beberapa peluang berhasil didapatkan, tetapi Burkina Faso mampu membuat sang adik merasa terkejut.

Setelah berbagai percobaan, Burkina Faso mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-24 yang dicetak oleh Steeve Yago menggunakan umpan lambung silang dari Issa Kabore. Burkina Faso pun unggul 1-0.

Menjelang babak pertama berakhir, Kamerun semakin tertinggal setelah Andre Onana melakukan gol bunuh diri pada menit ke-43. Burkina Faso pun unggul 2-0 setelah gol tersebut dan bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Di babak kedua, Kamerun bermain lebih agresif keimbang babak pertama. Sayangnya hal tersebut justru cenderung menguntungkan bagi Burkina Faso setelah pemain Kamerun melakukan tekel keras yang menyebabkannya kerap membuat kesalahan.

Hasilnya, Burkina Faso mampu memperlebar keunggulan pada menit ke 49 bertrand Traore mengirim sebuah umpan jarak jauh ke kepala Djibril Ouattara yang berada di jarak dekat, yang selanjutnya tanpa melakukan kesalahan berhasil memasukkan bola ke sisi kanan gawang.

Kamerun yang tertinggal cukup jauh tak mau menyerah begitu saja dan berusaha memperkecil ketertinggalan. Pada menit 72, Stephane Bahoken mampu mampu memanfaatkan bola rebound dan memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-3.

Lima menit sebelum pertandingan berakhir, Vincent Aboubakar berhasil mencetak dua gol di menit 85 dan 87 yang kini membuat kedudukan menjadi berimbang yang bertahan hingga waktu normal. Pemenang pun akan ditentukan melalui babak penalti.

Babak Penalti

Kamerun akhirnya berhasil meraih peringkat ketiga Piala Afrika 2021 secara dramatis. Pada babak adu penalti tiga penendang pertama Kamerun, Vincent Aboubakar, Nicolas Ngamaleu, dan Karl Ekambi mampu melakukan tugasnya dengan baik.

Sedangkan dari tidak penendang awal Burkina Faso, hanya Issa Kabore, Dan Soumalia Outtara yang mampu mencetak gol. Sedangkan penendang ketiga, Blati Toute gagal melakukan tugasnya dengan baik.

Selanjutnya, Pierre Kunde mampu mencetak gol kembali bagi Kamerun, dan Steeve Yago untuk Burkina Faso mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Ambroise oyongo yang menjadi penendang penentu bagi Kamerun pun sukses menjalankan tugasnya dengan baik, hasilnya. Kamerun sukses meraih peringkat ketiga dengan skor 5-3 melalui adu penalti.

Burkina Faso (4-2-3-1): Ouedraogo; Yago, Tapsoba, Quattara, Kabire; Ouedrago, Toure, Tapsoba, Sangare, Traore; Ouattara

Pelatih: Kamoi Malo

Kamerun (3-5-2): Onana; Onguene, Maukoudi, Mbaizo; Oyyongo, Oum Gouer, Onana, Kunndem Ganago; Bassogobg, Bahoken

Pelatih: Toni

Original Source

Topik Menarik