Piala FA: Man City ke Babak 16 Besar Piala FA Usai Lumat Fulham

Piala FA: Man City ke Babak 16 Besar Piala FA Usai Lumat Fulham

Olahraga | republika | Minggu, 6 Februari 2022 - 00:01
share

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City tak menemui kesulitan berarti untuk melangkah ke putaran kelima atau babak 16 besar Piala FA. City dengan nyaman menaklukkan Fulham 4-1 pada laga babak keempat Piala FA di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (5/2/2022) malam WIB.

The besutan Pep Guardiola itu dikejutkan dengan gol cepat Fulham, tepatnya pada menit keempat. Adalah Fabio Carvalho yang mampu merobek gawang City, yang dikawal Zack Steffen. Gelandang serang berusia 19 tahun itu melepaskan sepakan kaki kiri di depan mulut gawang City usai memanfaatkan umpan dari Harry Wilson.

Namun, keunggulan pemuncak klasemen sementara Divisi Championship itu hanya bertahan selama dua menit. Pada menit keenam, The Citizens sudah bisa menyamakan kedudukan via torehan Ilkay Gundogan. Menerima sodoran umpan dari Riyad Mahrez sukses dimaksimalkan Gundogan lewat sepakan kaki kanan.

City malahan mampu berbalik unggul. Juara bertahan Liga Primer Inggris itu membalikan keadaan setelah John Stones menanduk bola hasil sepak pojok yang dieksekusi Kevin de Bruyne. Gol pada menit ke-13 itu akhirnya menjadi gol terakhir pada sepanjang babak pertama.

Pada babak kedua, The Citizens menebalkan keunggulan saat laga menginjak menit ke-53. Pelanggaran Joe Bryan terhadap Jack Grealish, yang merangsek ke dalam kotak penalti, berujung hadiah tendangan penalti buat tim tuan rumah. Mahrez mengeksekusi tendangan penalti tersebut dengan sempurna.

Winger asal Aljazair itu mengarahkan bola ke sebelah kanan gawang The Cottagers. Paulo Gazzaniga, yang mengawal gawang Fulham, sebenarnya sudah tepat dalam menebak arah bola, tapi tidak cukup cepat dalam menghalau laju bola sepakan Mahrez tersebut.

Hanya berselang empat menit setelah gol penalti tersebut, City kembali merobek gawang tim tamu. Kesalahan yang dilakukan penggawa Fulham di sisi kiri lapangan berakibat fatal. Bola berhasil direbut para penggawa City dan langsung diarahkan ke De Bruyne.

Gelandang serang asal Belgia itu kemudian melepaskan umpan ke tengah lapangan, yang langsung diterima oleh Mahrez. Eks winger Leicester City tanpa kesulitan mencetak gol keduanya di laga ini. Sepakan Mahrez sempat membentur salah satu pemain bertahan Fulham sebelum akhirnya bersarang di pojok kanan bawah gawang The Cottagers.

Perbedaan kualitas individu pemain yang dimiliki The Citizens terbukti tidak mampu ditandingin The Cottagers di laga ini. Skor, 4-1, untuk kemenangan tuan rumah pun akhirnya tetap bertahan hingga laga usai. Dengan kemenangan ini, City berhak melaju ke putaran kelima Piala FA.

Topik Menarik