Disebut Tolak Lepas Pemain Persebaya ke Timnas Indonesia, Aji Santoso: 10 Pemain pun Saya Kasih!

Disebut Tolak Lepas Pemain Persebaya ke Timnas Indonesia, Aji Santoso: 10 Pemain pun Saya Kasih!

Olahraga | okezone | Rabu, 2 Februari 2022 - 07:06
share

PELATIH Persebaya Surabaya, Aji Santoso, membantah anggapan dirinya enggan melepas pemain Bajul Ijo julukan Persebaya Surabaya ke Timnas Indonesia. Aji Santoso mengatakan demi kepentingan Timnas Indonesia, ia pun rela melepas 10 personel Persebaya Surabaya ke skuad Garuda.

Kalau ada orang yang mengatakan itu (tak mendukung pemanggilan pemain Persebaya), kita sedikit mempertanyakan dengan pemanggilan pemain-pemain Persebaya ke Timnas. Pelatih disebut tidak mendukung Timnas, manajemen tidak dukung Timnas itu sangat keliru, saya tekankan, tegas Aji Santoso dalam konferensi pers secara virtual.

Aji Santoso

(Pelatih Persebaya, Aji Santoso)

Pelatih kelahiran Malang ini menegaskan sebagai mantan pemain nasional ia memahami kultur dan kebutuhan Timnas Indonesia. Karena itu, ketika ada pemain Persebaya yang dipanggil Timnas Indonesia, secara penuh ia sebagai pelatih maupun manajemen tim dipastikan mendukung.

Ini saya sampaikan kepada netizen juga salah besar kalau mengatakan Aji Santoso tidak support Timnas, Persebaya tidak support Timnas itu salah besar, lanjut eks pelatih Persik Kediri ini.

Meski begitu, Aji Santoso mengkritik jadwal agenda Timnas Indonesia, yang kerap kali berbenturan dengan jadwal kompetisi. Karena itu, saat Timnas Indonesia berlaga, ia juga membutuhkan jasa pemainnya yang dipanggil Timnas Indonesia. Karena itu, ia meminta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menyesuaikan jadwal kompetisi dengan agenda Timnas Indonesia.

Kalau seandainya kompetisi ini berhenti karena ada agenda tim nasional, jangankan empat pemain, 10 pemain saya kasih, 10 pemain yang diminta, semua saya kasih ini bukti bahwa saya mendukung Timnas, katanya.

Akan tetapi, karena jadwalnya bersamaan dengan pertandingan Persebaya, membuat Aji Santoso meminta PSSI membatasi jumlah pemain yang dipanggil dari masing-masing tim, utamanya Persebaya.

Kalau berbarengan tentunya tidak mungkin, seperti manajemen sudah berkirim surat ke PSSI, tidak mungkin Persebaya melepas semua pemain yang dipanggil, tentunya ada pembatasan mungkin dua sampai tiga yang akan dilepas. Kalau semua dipanggil umpama enam pemain dipanggil, kita kasih, terus ini ada yang positif empat hingga lima pemain, apakah enggak jadi main kompetisinya, terangnya.

Topik Menarik