Australian Open 2022: Rafael Nadal Menuju Rekor Gelar Grand Slam Terbanyak

Australian Open 2022: Rafael Nadal Menuju Rekor Gelar Grand Slam Terbanyak

Olahraga | skor.id | Minggu, 30 Januari 2022 - 05:30
share

SKOR.id - Tinggal satu pertandingan, Rafael Nadal menuju gelar grand slam ke-21sepanjang kariernya.

Eks petenis nomor satu dunia itu telah mengoleksi 20 gelar grand slam, terdiri dari 13 French Open, empat US Open, dua Wimbledon, dan satu Australian Open.

Banyaknya titel French Open yang dipertandingkan di lapangan tanah liat, membuat Nadal mendapat julukan King of Clay atau Raja Tanah Liat.

Setelah beberapa tahun terakhir berkutat dengan cedera, Nadal tinggal selangkah lagi menuju gelar ke-21 sepanjang kariernya.

Petenis 35 tahun tersebut akan melakoni partai final Australian Open 2022 melawan petenis nomor dunia dunia, Daniil Medvedev.

Jika melihat dari rekor perjalanan grand slam miliknya, lapangan keras di Rod Laver Arena, bukan favorit Nadal.

Satu-satunya final Australian Open yang sukses dimenangi Nadal hanya pada 2009. Kala itu, dia menang 7-5, 3-6, 7-6, 3-6, 6-2 atas Roger Federer (Swiss).

Meski demikian, Nadal antusias jelang final Australian Open 2022 yang dianggapnya sebagai sebuah kebangkitan dari berbagai momen beratnya.

"Saya melewati berbagai momen yang menantang, hari-hari yang dilalui dengan kerja keras, tetapi hasilnya nihil," kata Nadal dilansir dari BBC.

"Namun, saya masih terus berjuang dan menerima banyak dukungan dari tim dan keluarga.Ada banyak percakapan dengan mereka."

"Kami membahas soal apa yang akan terjadi jika hasil buruk terus berlanjut. Saya sempat terpikir, mungkin inilah saatnya mengucapkan selamat tinggal(pensiun)."

"Hal itu terjadi belum lama ini. Jadi, bisa di posisi sekarang (ke final Australian Open 2022), entahlah, saya tidak bisa menjelaskannya dengan kata-kata," imbuhnya.

Final tunggal putra Australian Open 2022 antara Rafael Nadal dan Daniil Medvedev berlangsung di Rod Laver Arena, Melbourne, Minggu (30/1/2022) pukul 15.30 WIB.

Rafael Nadal dan Catatan Final Grand Slam Sepanjang Kariernya: 4 Kali Kalah di Australia Open

&
Topik Menarik