Beda dengan Liga Inggris, Liga 1 Tetap Jalan Sesuai Jadwal meski Banyak Pemain Kena Covid

Beda dengan Liga Inggris, Liga 1 Tetap Jalan Sesuai Jadwal meski Banyak Pemain Kena Covid

Olahraga | inewsid | Sabtu, 29 Januari 2022 - 14:59
share

DENPASAR, iNews.id- Pertandingan Liga 1 2021 dipastikan tetap berjalan sesuai jadwal meski ada sejumlah pemain dinyatakan positif Covid. Terbaru ada 9 pemain Persib Bandung yang positif Covid-19.

Sebelum kasus Persib Bandung, ada pemain Arema FC yang positif Covid-19. Saat itu ada, lima pemain Arema FC dinyatakan positif Covid-19 sebelum laga melawan PSIS Semarang 17 Januari 2022 lalu.

Pemain tersebut saat itu menjalani karantina terpisah di hotel yang berbeda. Hal serupa juga terjadi akhir-akhir ini kepada sembilan pemain Persib Bandung yang dikonfirmasi Positif Covid-19.

Kasus positif Covid-19 terhadap pemain sejatinya sudah marak di liga-liga luar negeri, seperti Inggris. Bahkan di Inggris muncul cluster pemain dan staf.

Pada saat bersamaan, otoritas Liga Inggris menunda jadwal klub-klub yang ditemukan kasus Covid-19 untuk mengurangi penyebaran. Klub-klub itu di antaranya Arsenal, Tottenham hingga Manchester United.

Penerapan berbeda dilakukan PT LIB. Satgas Covid-19 PT LIB Sudjarno mengatakan laga di Liga 1 2021 berjalan sesuai jadwal.

Laga tetap sesuai dengan jadwal, terkait pemain yang positif sudah ditangani dan diisolasi," ucap Sudjarno saat dihubungi tim MNC Portal Indonesia, Sabtu (29/1/2022).

Dia menegaskan protokol kesehatan sudah diterapkan secara baik selama gelaran Liga 1 2021 di Bali. Kasus positif Covid-19 itu ditemukan saat Satgas Covid-19 PT LIB melakukan tes Covid-19 rutin.

Ada PCR yang dilaksanakan oleh LIB pada H-1 sebelum pertandingan dan ada PCR dan antigen mandiri oleh klub sebagai bagian dari penerapan prokes di klubnya terutama saat jeda. Dari pelaksanaan PCR itu lah ditemukan ada yang positif, katanya.

Satgas LIB koordinasi dengan Satgas darrah untuk tracing dan tracking di semua klub untuk mengetahui hal itu, lanjutnya.

Laga Persib Vs Persikabo direncanakan tetap akan digelar malam ini meski skuad Maung Bandung tak lengkap karena 9 pemain positif Covid-19. Laga Persib vs Persikabo direncanakan kick off pukul 20.45 WIB.

Topik Menarik