Ricky Kambuaya, `Monster` Timnas Indonesia Andalan Shin Tae Yong

Ricky Kambuaya, `Monster` Timnas Indonesia Andalan Shin Tae Yong

Olahraga | genpi.co | Jum'at, 28 Januari 2022 - 08:57
share

GenPI.co - Ricky Kambuaya, pemain bak \'Monster\' Timnas Indonesia yang menjadi andalan Shin Tae Yong.

Nama Ricky Kambuaya tampaknya telah melekat dalam rumus paten skuad arahan Shin Tae Yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut tampaknya menaruh kepercayaan tinggi kepada pemain Persebaya Surabaya itu.

Hal ini terbukti dengan kembalinya Ricky menjadi starter dalam laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Timor Leste, Kamis (27/1).

Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Ricky dipercaya mengawal lini tengah bersma Rachmat Irianto, dan Evan Dimas.

Ricky juga menjadi pemecah kebuntuan Timnas Indonesia yang sempat tertinggal 0-1 di babak pertama dengan mencetak gol penyama kedudukan 1-1 pada menit ke-65.

Dari sini lah, pola permainan Timnas Indonesia semakin membaik dan berhasil menutup laga dengan kemenangan telak 4-1.

Laga ini sendiri menjadi penampilan ke-12 Ricky bersama Timnas Indonesia, di mana seluruhnya pemain berusia 25 tahun tersebut selalu dimainkan sejak menit pertama.

Pada awalnya, Ricky debut di Timnas Indonesia kala menang 2-1 atas Taiwan di leg pertama play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7 Oktober 2021.

Ricky kembali dipercaya menjadi starter pada leg kedua yang digelar 11 Oktober 2021, pemain kelahiran Sorong ini menyumbang satu gol dan satu assist.

Selanjutnya, Ricky kembali diturunkan pada dua laga uji coba di Turki, 16 dan 25 November 2021, di mana Timnas Indonesia kalah 0-1 melawan Afghanistan dan menang 4-1 atas Myanmar.

Dalam kedua laga tersebut, Ricky bermain penuh selama 90 menit dan berhasil menyumbang satu gol dan satu assist saat melawan Myanmar.

Performa ciamiknya semakin memikat Shin Tae Yong, terlihat saat dirinya menjadi pemain starter yang tak tergantikan di Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Dalam ajang sepak bola terakbar di ASEAN tersebut, Rikcy dipercaya tampil diseluruh pertandingan yakni 8 laga, 6 laga bermain penuh waktu sedangkan 2 laga di babak pertama.

Melansir dari data Transfermarkt, Rikcy telah mengemas 1.010 menit bermain, tiga gol dan tiga assist dari total 12 laga bersama Timnas Indonesia.

Ricky berpeluang besar untuk kembali dimainkan dalam laga kedua Timnas Indonesia melawan Timor Lester yang akan digelar pada Minggu (30/1).(*)

Simak video berikut ini:

Topik Menarik