Sosok Ronaldo Kwateh, Striker Timnas yang Pecahkan Rekor Asnawi dan Witan

Sosok Ronaldo Kwateh, Striker Timnas yang Pecahkan Rekor Asnawi dan Witan

Olahraga | inewsid | Jum'at, 28 Januari 2022 - 06:00
share

DENPASAR, iNews.id - Sosok Ronaldo Kwateh mendadak jadi sorotan pencinta sepak bola Tanah Air. Bagaimana tidak, dia langsung bikin rekor ketika debut bersama Timnas Indonesia.

Ronaldo Kwateh dipercaya tampil oleh Pelatih Garuda Shin Tae-yong saat melakoni laga uji coba kontra Timor Leste pada FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Kamis (28/1/2022) malam WIB. Indonesia menang 4-1 di laga tersebut.

Ronaldo Kwateh baru beraksi di babak kedua untuk menggantikan Ramai Rumakiek. Winger Madura United itu memecahkan rekor Asnawi Mangkualam sebagai debutan termuda di skuad Garuda.

Penyerang Timnas Indonesia berdarah Liberia, Ronaldo Kwateh mencatatkan rekor saat melakoni debut di laga melawan Timor Leste, Kamis (27/1/2022). (Foto: Instagram/@ronaldokwateh7)

Saat ini Ronaldo Kwateh berusia 17 tahun, 3 bulan, dan 8 hari. Sedangkan Asnawi Mangkualam menciptakan rekornya pada 21 Maret 2017 saat berusia 17 tahun, 5 bulan, dan 17 hari.

Selain itu, Ronaldo Kwateh juga melewati rekor Witan Sulaeman yang melakukan debut pada usia 19 tahun.

Magis Ronaldo Kwateh tak berhenti sampai di situ. Dia juga berhasil memberikan assist untuk gol Ricky Kambuaya pada menit ke-65 yang membuat skor saat itu menjadi imbang 1-1.

Tentu fans Tanah Air berharap Ronaldo Kwateh bisa bertaji dan mencetak gol bersama Timnas Indonesia. Dia diharapkan bisa menjadi jawaban bagi skuad Garuda yang sedang krisis striker haus gol.

Ronaldo Kwateh merupakan blasteran Liberia-Indonesia. Darah Liberia yang mengalir di tubuhnya berasal dari sang ayah, Roberto Kwateh, yang merupakan mantan pesepak bola asing di Liga Indonesia. Sedangkan darah Indonesia yang dimilikinya hadir dari sang ibu, Citra Kusumawati.

Pemain bertinggi 170 cm itu lahir di Yogyakarta, 19 Oktober 2004 dan langsung mendapatkan statusnya sebagai warga negara Indonesia.

Ronaldo Kwateh saat seleksi Timnas U18 (foto: Instagram/Ronaldo Kwateh)

Karier sepak bolanya dimulai di SSB Pendowoharjo Bantul. Namun, namanya mulai terdengar sejak dia bergabung di Persib Bandung U-16 pada 2019.

Aksinya yang ciamik pada Elite Pro Academy bersama Persib U-16 membuka jalannya mendapat panggilan Timnas Indonesia U-16 pada 2020.

Awal 2021, Madura United merekrutnya dan mendaftarkannya untuk tampil di Liga 1 2021. Dia menjalani debutnya bersama Laskar Sapeh Kerrap di Piala Menpora 2021 dan membantu timnya menang 2-1 atas PSS Sleman.

Topik Menarik