Timnas Indonesia Gebuk Timor Leste 4-1, Lemparan Roket Pratama Arhan Berbuah Gol

Timnas Indonesia Gebuk Timor Leste 4-1, Lemparan Roket Pratama Arhan Berbuah Gol

Olahraga | inewsid | Kamis, 27 Januari 2022 - 21:15
share

GIANYAR, iNews.id Timnas Indonesia menang atas Timor Leste dalam laga persahabatan. Pratama Arhan yang masuk di babak kedua berperan besar dalam terciptanya tiga gol Tim Merah-Putih sehingga bisa menang comeback 4-1.

Bermain di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB, Pasukan Garuda tampil sangat dominan sejak awal pertandingan. Namun, Evan Dimas dkk tertinggal satu gol di babak pertama.

Kemudian, pelatih Indonesia, Shin Tae Yong memasukkan Arhan di paruh kedua untuk menambah daya gedor dari sisi kiri lapangan. Hasilnya, pemain PSIS Semarang itu menorehkan satu gol lewat titik putih dan menyumbang assist dalam dua gol bunuh diri pemain Timor Leste.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Indonesia langsung tampil menyerang sejak awal babak pertama. Mereka bermain dengan bola-bola pendek untuk membongkar pertahanan Timor Leste.

Namun, peluang berbahaya baru tercipta saat laga berjalan 10 menit lewat Edo Febriansyah. Sayangnya, tendangan melengkung yang dilesatkannya dari luar kotak penalti bisa diamankan oleh De Castro Pereira.

Lima menit berselang, gantian Irfan Jaya yang mengancam gawang Timor Leste. Dia menari di kotak penalti lawan sebelum menembakkan tendangan mendatar yang masih menyamping tipis di kiri gawang.

Kemudian, pada menit 21 satu peluang emas didapat oleh Dedik Setiawan setelah dia menerima umpan dari lemparan ke dalam Sani Rizki. Akan tetapi, sepakannya dari sudut sempit masih membentur mistar gawang.

Enam menit kemudian, Dedik kembali mendapatkan peluang emas lewat umpan silang yang dikirimkan Ricky Kambuaya. Namun sayang, pemain Arema FC itu tidak dapat menjangkau bola dengan baik padahal dia sudah berdiri bebas di depan gawang.

Setelah itu, Timor Leste tampil lebih baik. Mereka sesekali melancarkan serangan balik yang cukup membuat lini belakang pasukan Garuda ketar-ketir.

Bahkan, mereka mampu menggetarkan gawang Indonesia pada menit 35. Adalah Paulo Freitas yang menjadi pencetak gol dengan tendangan cungkilnya usai melewati Alfeandra Dewangga dengan skill individunya yang ciamik.

Pada menit 44, Timor Leste mendapatkan hadiah penalti setelah Paulo Freitas dijegal Syahrul Fadil di kotak terlarang. Sayangnya, Mouzinho yang ditunjuk sebagai algojo gagal melakukan tugasnya dengan baik. Bola yang dieksekusinya berhasil dihalau Syahrul. Alhasil, skor 1-0 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, Indonesia bermain dengan pressing ketat pada babak kedua. Mereka terus mengejar begitu kehilangan bola sembari melancarkan serangan-serangan ke pertahanan tim tamu.

Peluang pertama di paruh kedua baru tercipta pada menit 56 lewat Irfan Jaya. Sayangnya, umpan manis dari Ronaldo Kwateh yang ditanduknya bisa selematkan oleh Pereira.

Terus menekan, akhirnya serangan pasukan Shin Tae Yong membuahkan hasil pada menit 64. Memanfaatkan umpan manis Ronaldo, Ricky Kambuaya menggetarkan gawang Timor Leste lewat sepakan kerasnya. Skor menjadi 1-1.

Kemudian, pada menit 71 Indonesia gantian diberi hadiah penalti oleh wasit setelah tendangan Irfan mengenai tangan pemain belakang Timor Leste. Lalu, Pratama Arhan yang menjadi eksekutor berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Pasukan Garuda pun berbalik unggul 2-1.

Lima menit kemudian, Indonesia memperlebar keunggulan menjadi 3-1. Kali ini lemparan jarak jauh Arhan gagal diantisipasi dengan baik oleh Pereira. Alhasil, bola langsung masuk ke dalam gawangnya.

Tak lama berselang, Arhan lagi-lagi berkontribusi dalam terciptanya gol keempat Indonesia pada menit 80. Sebab, umpan silangnya dari sisi kiri pertahanan Timor Leste malah disundul Filomeno ke gawangnya sendiri.

Setelah itu, Pasukan Garuda terus menghajar pertahanan Timor Leste. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gol tambahan lagi yang tercipta. Alhasil, pertandingan ditutup dengan kemenangan 4-1 untuk Indonesia.

Berikut adalah susunan pemain Timnas Indonesia vs Timnas Timor Leste:

INDONESIA (4-5-1): Syahrul Fadil; Sani Rizki Fauzi, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Edo Febriansyah; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Irfan Jaya, Evan Dimas, Ramai Rumakiek; Dedik Setiawan.

Cadangan: Achmad Figo, Bayu Fiqri, Marselino Ferdinan, Hanis Saghara Putra, Ronaldo Kwateh, Pratama Arhan, Muhammad Rafli, Terens Owang Puhiri, Yabes Roni, Ernando Ari, Nadeo Argawinata.

TIMOR LESTE (4-3-3): De Castro Pereira; Filomeno, J. Panji, J. Soares, O.N.M. Guterres; Martins Fatima Braz, J. Firth, C. Moniz Fernandez; E. Mesquita, Mouzinho, Paulo Freitas.

Cadangan: Tomas de Jesus, Anizo Correia, Kornelis Nahak Portela, Filonito Rodrigues, Gumairo, Santiago Da Costa, Amindo Correia Almeida, Zenivio Morientes, Georgino Jose, Yohanes Kapitan Paulus, Natalino de Jesus da Costa.

Topik Menarik