Manfaat Mendengar Lagu Galau untuk Psikologis

Manfaat Mendengar Lagu Galau untuk Psikologis

Olahraga | skor.id | Rabu, 26 Januari 2022 - 16:30
share

SKOR.id - Lagu galau atau musik yang mendayu-dayu menjadi salah satu musik favorit untuk didengarkan saat hati terasa gundah.

Pada tahun 2014 lalu pakar musik Kay Norton mengungkapkan jika musik yang mendayu dengan lirik sedih menjadi favorit untuk didengarkan saat putus cinta karena bisa menggambarkan kesedihan yang dirasakan.

Setelah mendengarkan lagu galau, seseorang akan merasa lega dan timbul rasa sukacita akan timbul saat merasa terhubung dengan lirik tersebut.

Mendengarkan lagu galau dinilai lebih baik dibanding menyimpan kesedihan tersebut dalam hati.

Dua peneliti dari Freie Universitat Berlin, Jerman melakukan studi mereka dengan menggunakan survei terhadap 770 orang.

Hasil tersebut kemudian dipublikasikan di jurnal PLOS ONE tahun 2014 lalu, mereka mengatakan jika lagu galau dapat membangkitkan emosi positif seperti kedamaian dan kelembutan.

Oleh karena itu sedikit banyak mendengarkan lagu galau dapat mempengaruhi psikologis untuk tubuh.

Dikutip dari Psychology Today, mendengarkan lagu galau yang sedang populer dapat menimbulkan berbagai dampak berikut ini:

1. Lagu galau dapat menjadi alat untuk mengungkapkan kesedihan seseorang, sehingga dapat membuat perasaan sedih tidak berlarut-larut.

2. Pendengar musik akan menyadari perbedaan antara realitas dan gambaran yang terjadi pada lagu, perbedaan ini memungkinkan pendengar merasakan emosi negatif dalam pikiran tanpa berperilaku negatif.

3. Pendengar dapat mengungkapkan ekspresi kesedihan yang dirasakan tanpa melakukan tindakan negatif.

4. Dapat mendorong pendengar untuk intropeksi diri guna membantu memecahkan masalah dan meningkatkan kedewasaan seseorang.

5. Lagu galau juga dapat membantu dan mempengaruhi pendengarnya untuk keluar dari masalah atau rasa kesulitan dengan masalah yang ia hadapi.

6. Musik melonkolis dapat mebuat pendengar mendapatkan emosi positif.

Sering Menangis Tanpa Alasan? Ketahui Penyebabnya!

&
Topik Menarik