Tragis! Tuan Rumah India Mundur dari Piala Asia Wanita karena Pemain Positif Covid-19

Tragis! Tuan Rumah India Mundur dari Piala Asia Wanita karena Pemain Positif Covid-19

Olahraga | inewsid | Senin, 24 Januari 2022 - 16:05
share

MUMBAI, iNews.id- Tim Nasional (Timnas) Putri India mundur dari gelaran Piala Asia Wanita 2022 karena pemain banyak yang positif Covid-19. Tragisnya, India adalah tuan rumah turnamen tersebut.

India awalnya dijadwalkan tanding melawan Taiwan dalam lanjutan Grup A Piala Asia Wanita 2022 pada Minggu (22/1/2022) kemarin. Namun sayangnya pertandingan tersebut dibatalkan lantaran banyaknya pemain India yang terpapar Covid-19.

????OFFICIAL????

???????? India have withdrawn from the #WAC2022. All their matches are now cancelled and considered null and void!https://t.co/sEBQ6hQ5P2

#WAC2022 (@afcasiancup) January 24, 2022

Pada pertandingan tersebut, India tidak bisa memenuhi aturan minimal terdapat 13 pemain yang siap untuk bertanding. Sebab, para pemain India banyak yang positif Covid-19.

Peraturan tersebut terdapat pada regulasi AFC pasal 4.1. Yang mana regulasi tersebut berisikan tentang aturan khusus yang berlaku untuk kompetisi AFC selama pandemi Covid-19.

Melansir dari situs resmi AFC, Senin (23/1/2022), India dipastikan tersingkir dari Piala Asia Wanita 2022. Hal tersebut sesuai dengan regulasi AFC yang terdapat pada pasal 6.5.5 mengenai peraturan kompetisi. Kemudian poin India dalam Grup A juga dihapus dan keluar dari grup.

Masih berdasarkan situs resmi AFC, ketiga jadwal pertandingan India di Grup A Piala Asia Wanita 2022 melawan Taiwan, Iran, dan China pun sudah tertulis \'cancelled\' alias dibatalkan. Jadi, praktis dalam grup tersebut kini hanya dihuni oleh tiga negara.

Selain itu, penghitungan tim peserta peringkat ketiga terbaik di antara semua grup akan ditentukan dengan metode yang ditetapkan dalam Lampiran 2 Manual Operasi Kompetisi AFC. Hal tersebut berdasarkan pada regulasi Pasal 7.4 tentang peraturan kompetisi.

Untuk menghindari perbedaan dalam perbandingan akhir antara tim peringkat ketiga, hasil pertandingan di Grup B dan C antara tim peringkat pertama, kedua dan ketiga melawan tim peringkat keempat tidak akan dihitung. Meskipun India tersingkir, Piala Asia Wanita 2022 akan tetap berlangsung sesuai jadwal.

Topik Menarik