Perselisihan Lee Zii Jia Vs BAM Memanas, Pelatnas Bulu Tangkis Malaysia Terganggu

Perselisihan Lee Zii Jia Vs BAM Memanas, Pelatnas Bulu Tangkis Malaysia Terganggu

Olahraga | inewsid | Senin, 24 Januari 2022 - 08:53
share

KUALA LUMPUR, iNews.id- Perselisihan antara Asosiasi Badminton Malaysia (BAM) versus tunggal putra, Lee Zii Jia makin memanas. Perselisihan itu disinyalir bisa menggangu keharmonisan pemusatan latihan nasional (pelatnas) bulu tangkis Malaysia.

Sebagaimana diketahui, belakangan ini ramai kabar perselisihan antara BAM dengan Lee Zii Jia. Zii Jia disebut tidak bisa memenuhi ekspektasi penggemar bulutangkis di Negeri Jiran.

Ada juga yang menyebutkan perselisihan itu disebabkan karena masalah gaji yang kurang layak bagi pebulu tangkis berusia 23 tahun tersebut. Sampai akhirnya, gonjang-ganjing itu berakhir dengan keputusan Zii Jia keluar dari Pelatnas Malaysia sejak 11 Januari 2022 lalu.

Kemudian, BAM resmi melepasnya pada 21 Januari 2022. Namun Zii Jia justru dilarang bermain di turnamen BWF selama 2 tahun.

Direktur Pelatnas Malaysia, Wong Choong Hann menyebut masalah Lee Zii Jia dan BAM bisa saja mengganggu pelatnas bulu tangkis Malaysia. Sebab, fokus pemain akan teralihkan ke masalah itu.

Pemain mungkin terganggu tetapi kami telah diberi tanggung jawab untuk membangun semua pemain dan ketika Lee Zii Jia dalam perawatan kami, dia juga menerima komitmen penuh kami, ucap Wong dilansir dari Malay Mail, Minggu (23/1/2022).

Namun, dia menegaskan pengembangan bakat pemain di Malaysia tak akan terpengaruh dengan masalah itu. Dia menyebut pelatnas bulu tangkis Malaysia bisa melahirkan pemain seperti Zii Jia lagi.

"Ini tidak berarti kami mengabaikan orang lain dan bukan berarti baru sekarang kami mengalihkan tanggung jawab atau pengawasan kami kepada pemain lain, kami terus bekerja seperti biasa," tuturnya.

Berpisahnya Lee dari pelatnas Malaysia membuat pebulu tangkis peringkat 7 dunia itu harus absen dari berbagai turnamen bulutangkis Internasional selama dua tahun. Sebab, aturan Federasi Badminton Dunia (BWF) mewajibkan pebulu tangkis harus mendaftarkan dirinya untuk turnamen melalui asosiasi nasional.

Sementara itu, Lee hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan resmi soal hukuman yang diterimanya. Karenanya, menarik menunggu kabar lanjutan dari perselisihan antara Lee Zii Jia versus BAM.

Topik Menarik