Hasil Piala Asia Wanita 2022: China Gulung Iran 7-0, Wang Shuang dkk Kuasai Grup A

Hasil Piala Asia Wanita 2022: China Gulung Iran 7-0, Wang Shuang dkk Kuasai Grup A

Olahraga | inewsid | Minggu, 23 Januari 2022 - 19:25
share

MUMBAI, iNews.id Tim Nasional (Timnas) putri China mengalahkan Iran dengan skor telak 7-0. Pertandingan lanjutan Grup A Piala Asia Wanita 2022 itu berlangsung di Mumbai Football Arena, India, Minggu (23/1/2022) sore WIB.

Atas kemenangan tersebut, China semakin perkasa di peringkat satu klasemen sementara Grup A dengan koleksi enam poin. Sementara Iran berada di urutan tiga dan hanya baru mengoleksi satu poin.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Timnas Putri China mendominasi pertandingan sejak babak pertama dimulai. Mereka pun terlihat unggul segi penguasaan bola dibandingkan dengan Iran.

Beberapa kali pula tim asuhan dari Shui Qingxia itu menebar ancaman ke gawang Iran. Namun penyelesaian akhir mereka masih kurang baik.

Hingga akhirnya, China berhasil unggul 1-0 lebih dulu atas Iran di menit ke-28. Adalah Wang Shuang yang sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Kemudian China kembali mampu menggandakan kedudukan menjadi 2-0 di menit ke-43. Kali ini giliran Xiao Yuyi yang merobek gawang Iran. Pemain bernomor punggung 20 itu mampu mengkonversikan menjadi gol setelah menerima umpan terobosan yang apik.

Hingga peluit panjang dibunyikan belum ada skor tambahan dari kedua kesebelasan. China unggul 2-0 atas Iran di babak pertama.

Babak Kedua

Di babak kedua, para pemain China tidak menurunkan temponya sama sekali. Mereka masih terus menekan lini pertahanan Iran. Hasilnya pun terbukti, China berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 di menit ke-49 melalui titik putih yang dieksekusi Wang Shuang.

Kemudian di menit ke-55, China lagi-lagi berhasil menambah pundi-pundi golnya. Adalah Wang Shanshan yang berhasil merobek gawang Iran.

Pemain Iran pun tampak mulai kehilangan fokusnya. Tepat di menit ke-59, Wang Shanshan kembali menjebol gawang yang dijaga Koudaei. Dia berhasil menyambar umpan terobosan yang diberikan oleh Xiao Yuyi. China pun unggul dengan skor 5-0.

China tak henti-hentinya menggempur pertahan Iran. Alhasil, keran gol pun kembali terbuka di menit ke-77. Kali ini lewat sepakan Jiali Tang. Tak sampai disitu, tim asuhan Shui Qingxia juga kembali mendapat gol tambahan menjadi 7-0. Namun kali ini lewat gol bunuh diri bek Iran, Fatemeh Adeli di menit ke-82.

Skor tersebut tidak bertambah hingga wasit meniup peluit panjang. China berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan telak 7-0 atas Iran.

Susunan Pemain Iran vs China:

Iran (4-4-2): Koudaei; Motevalli, Adeli, Banitalebi, Taherkhani; Chahkandi, Sadeghi, Melika Mohammadi, Sarbali; Dabbaghi, Chatrenoor.

Pelatih: Maryam Irandoost.

China (4-3-3): Zhao Lina; Lou Jiahui, Jiayue Li, Xiaoxue Wang, Wei Yao; Xiao Yuyi, Gao Chen, Yao Lingwei; Zhang Xin, Wang Shuang, Wang Shinshin.

Pelatih: Shui Qingxia.

Topik Menarik