Lee Chong Wei Tak Ingin BAM Dicap Buruk karena Masalah Lee Zii Jia

Lee Chong Wei Tak Ingin BAM Dicap Buruk karena Masalah Lee Zii Jia

Olahraga | skor.id | Jum'at, 21 Januari 2022 - 15:45
share

SKOR.id - Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, buka suaramenyusul keputusan Lee Zii Jia yang mundur dari pelatnas.

Dirinyaberharap konflik internalantara Lee Zii Jia dengan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) dapat diselesaikansecara damai.

Berita mengenai mundurnya jawara All England 2021itu jadi topik utama yang menarik perhatian banyak pecinta bulu tangkis dunia.

Pria bergelar Datuk itu khawatir, BAM mendapat citra buruk di kalangan penggemar olahraga tepok bulu bila permasalahan ini berbuntut panjang.

"Tidak hanya di Malaysia, seluruh dunia tahun tentang ini (Lee Zii Jia keluar dari BAM)," ujar Lee Chong Wei mengutip dari dailyexpress .

Saya merasa ini tidak terlalu bagus untuk skuad bulu tangkis nasional (Malaysia). Semoga masalah ini diselesaikan dengan cepat dan fokus kembali ke bulu tangkis. Jangan sampai menjadi isu besar," imbuhnya.

Rabu (19/1/2022), Presiden BAM, Mohamad Norza Zakaria, mengonfirmasi kabar kepergian Lee Zii Jia dari pelatnas Malaysia.

Pemain 23 tahun itu memilih berkarier sebagai pemain profesional atau independen. Suratpengunduran dirinya ke BAM dikirim 11 Januari 2022.

Mohamad Norza mengaku sudah berusaha agar Lee Zii Jia bertahan bersama tim nasional. Sayangnya, hal itu tidak membuahkan hasil.

Merasa terus dibayangi dan dibandingi oleh kesuksesan Lee Chong Wei, jadi salah satu alasan utama Lee Zii Jia memilih mundur dari BAM.

BAM dikabarkan akan mengumumkan keputusan mengenai kelanjutan nasib Lee Zii Jia pada hari ini atau Jumat (21/1/2022).

Lee Chong Wei menyangkan keputusan yang diambil juniornya itu karena berkarier dengan jalur independen, tak mudah.

Kolektor tiga medali perak Olimpiade ituberpendapattak mudamencari tempat latihan, pelatih berkualitas, serta program pemulihan sendiri.

Lee Chong Wei menyebut BAMtermasuk organisasi (bulu tangkis) yang memiliki beberapa infrastruktur pelatihan terbaik dan terlengkap saat ini.

"Tapi dia (Lee Zii Jia)pasti sudah punya rencana sendiri. Yang terpenting, ini adalah keputusannya," kata pria 39 tahun tersebut.

"Tidak masalah apakah dia masuk (BAM) atau keluar, yang penting dia cukup nyaman untuk tampil di level tertinggi. Tapi itu tidak akan mudah," imbuhnya.

Cerita Imam Tohari Atasi Kesulitan Bahasa saat Melatih Bulu Tangkis di Jepang

&
Topik Menarik