Rekor Fantastis Dewa Bulu Tangkis Hendra Setiawan: Selalu Tampil di Final Selama 20 Tahun Berturut

Rekor Fantastis Dewa Bulu Tangkis Hendra Setiawan: Selalu Tampil di Final Selama 20 Tahun Berturut

Olahraga | inewsid | Kamis, 20 Januari 2022 - 21:55
share

JAKARTA, iNews.id- Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan mengukir rekor fantastis dalam dunia bulu tangkis. Hendra tercatat tak pernah absen bermain di final dalam 20 tahun terakhir.

Hendra bersama pasangannya Mohammad Ahsan baru saja bermain di final India Open super 500, Minggu (16/1/2021). Namun sayang Ahsan/Hendra kalah dari wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dua set langsung.

Ternyata pertandingan itu membuat Hendra menjadi pebulu tangkis yang selalu bermain di final minimal sekali setahun dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Artinya, sejak 2003 hingga 2022 Hendra selalu bermain di final setiap tahunnya.

Hal itu diketahui dari unggahan video di akun Twitter BWFmedia, dilihat Kamis (20/1/2022). BWF mencatat Hendra pertama kali bermain di final saat kejuaran Asian Championship 2003 di Jakarta.

#DidYouKnow Hendra Setiawan ???????? has reached a final every year for the last 20 years?

Incredible ????

Ben Beckman explores more. pic.twitter.com/rx6uk25JLq

BWF (@bwfmedia) January 20, 2022

Saat itu Hendra berpasangan dengan Markis Kido melawan wakil Korea Selatan Lee Dong-yoo/Yoo Yong-sung. Hendra/Kido kalah dua set 10-15 dan 11-15.

Setelah itu Hendra selalu melolos ke final kejuaraan bulu tangkis minimal sekali setahun hingga tahun 2022. Bahkan meski berganti pasangan dari Kido ke Ahsan, prestasi Hendra tak menurun.

Final terbaru dimainkan di India Open 2022. Sayang Hendra gagal juara.

"Hendra Setiawan telah mencapai final setiap tahun selama 20 tahun terakhir. Incredible," tulis BWFmedia.

"Sangat fenomenal," ujar Ben Beckman dalam tayang video.

Hendra tercatat sudah merasakan semua gelar juara turnamen bulu tangkis bergengsi bersama dua rekannya yang berbeda. Medali emas Olimpiade Beijing 2008, 4 kali juara dunia, 2 kali emas Asian Games, 3 SEA Games, juara Piala Thomas hingga puluhan gelar BWF World Tour Superseries 500 hingga 1.000.

Hendra juga menjadi satu dari dua pemain ganda putra yang merasakan peringkat 1 dunia dengan pasangan yang berbeda. Satu pemain lainnya ialah atlet Korea Selatan Lee Yong-dae.

Kini Hendra sudah berusia 37 tahun. Besar kemungkinan Hendra Setiawan sudah mendekati masa-masa akhir dalam karier bulu tangkis profesionalnya.

Topik Menarik