Mengenal Shalika Aurelia, Atlet Indonesia yang Bermain di Klub Eropa Roma Calcio

Mengenal Shalika Aurelia, Atlet Indonesia yang Bermain di Klub Eropa Roma Calcio

Olahraga | inewsid | Kamis, 20 Januari 2022 - 16:30
share

ROMA, iNews.id- Shalika Aurelia adalah atlet Indonesia yang bermain di klub Eropa, Roma Calcio Femminile. Dia menjadi pesepak bola perempuan Indonesia pertama yang berkarier di Eropa.

Shakila lahir di Jakarta, 1 Agustus 2003 dengan nama lengkap Shalika Aurelia Viandrisa. Pemain berusia 19 tahun itu berposisi sebagai bek tengah ataupun bek sayap.

Dia memulai kariernya di Coca-Cola Cup dan Greenfields pada 2015, lalu menimba ilmu di SSB Astam dua tahun berselang atau tepatnya tahun 2017.

Kapasitasnya yang menonjol membuatnya dipanggil Timnas Indonesia Putri U-16 pada 2017. Dan hingga kini, dia menjadi langganan yang tak pernah terlewat ketika Garuda Pertiwi dikumpulkan.

Menilik ke belakang, ternyata Shakila juga sering mencuri ilmu di luar negeri. Dia sempat malang melintang di sejumlah akademi Eropa sebelum akhirnya mendapatkan kontrak di Tanah Italia.

Shakila sempat melakoni trial bersama tim putri West Ham United, meski akhirnya belum beruntung lantaran tak mendapat kontrak. Selain itu, dirinya juga sempat menjadi kekuatan penting dalam Tim DKI Jakarta di PON XX Papua 2020.

Kini dara berusia 18 tahun ini akan merumput di Eropa di musim depan. Dia dikontrak Roma Calcio Femminile.

Dia mengaku sangat bangga sebab menembus kompetisi Eropa tidaklah mudah, mengingat hanya ada dua wakil pesepak bola pria yang berhasil bermain liga di Eropa.

"Langkah pertama di Eropa. Bangga untuk mulai bermain di klub ini di Serie B Italia," kata Shalika di Instagram pribadinya, Sabtu (8/1/2022).

Langkah tersebut menjadi gebrakan bagi para pesepak bola Tanah Air, terutama dari pesepak bola pria yang tak berani keluar dari zona nyaman karena gaji yang tinggi.

Topik Menarik