GP Belanda Batal, Sirkuit Zandvoort Tunda Comeback Usai Absen 35 Tahun dari F1

skor.id | Olahraga | Published at 29/05/2020 07:15
GP Belanda Batal, Sirkuit Zandvoort Tunda Comeback Usai Absen 35 Tahun dari F1
– Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen harus bersabar untuk tampil di depan publik sendiri karena pengelola Sirkuit Zandvoort, Belanda, mundur dari F1 2020.

Ketidakpastian akibat pandemi virus corona (Covid-19), membuat Direktur Olahraga Grand Prix (GP) Belanda, Jan Lammers, menunda comeback Sirkuit Zandvoort.

Berita F1 Lainnya: Jika GP Inggris Digelar Agustus, Begini Skema Kalender F1 2020

Padahal, panitia sudah merampungkan proses renovasi. Sirkuit Zandvoort siap menjamu kembali pembalap dan tim peserta F1 sejak terakhir kali pada 1985.

Jika mengacu pada jadwal semula, F1 GP Belanda berlangsung Minggu (3/5/2020) lalu. Namun, Liberty Media menangguhkan kompetisi hingga waktu yang belum ditentukan.

Tapi, kenyataan pahit harus mereka terima karena kondisi dunia yang tak kunjung stabil akibat pandemi virus corona. GP Belanda memutuskan mundur dari F1 2020.

Negeri Kincir Angin bergabung dengan Australia (Sirkuit Albert Park), Monako (Sirkuit Jalan Raya Monte Karlo, dan Prancis (Sirkuit Paul Ricard) yang lebih dulu mundur. 

"Kami sudah siap, termasuk melihat sisi positif dari lomba tanpa penonton. Tapi, kami lebih senang merayakan kembalinya Sirkuit Zandvoort ke F1 bersama fan," kata Jan Lammers. 

Kembali menjadi tuan rumah F1 setelah absen 35 tahun, pengelola Sirkuit Zandvoort memang dari awal tak setuju dengan wacana balapan tanpa penonton. 

Selain untuk merayakan momen bersejarah, mereka berharap dapat pemasukan dari penonton karena telah mengeluarkan banyak uang untuk renovasi.

"Semoga fan bisa bersabar seperti yang sudah kami lakukan selama 35 tahun ini. Tapi, rasanya tak masalah untuk bersabar satu tahun lagi," ucap Jan Lammers.

Sebelumnya,penyelenggara GP Belanda telah mengonfirmasi bahwa tiket yang telah terjual untuk F1 2020 tetap berlaku untuk musim depan.

Calon penonton GP Belanda hanya perlu menyimpan bukti pembayaran tiket dan menunggu kepastian jadwal baru yang akan diumumkan akhir tahun ini.

Hingga saat ini, Liberty Media selaku pemegang hak komersial F1, belum merilis jadwal baru ajang balap jet darat tersebut. 

Jika mengacu pada kabar terakhir, F1 2020 akan dilanjutkan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pertengahan Agustus mendatang.

Tapi, hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi. Di sisi lain, kondisi ini makin menyulitkan tim, pembalap dan promotor lokal karena ketidakpastian. 

Berita F1 Lainnya: Kevin Magnussen Yakin Pembalap Tak Akan Kagok Saat F1 2020 Dimulai

Pasalnya, mereka memerlukan jadwal pasti agar bisa mempersiapkan fisik dan mental untuk menghadapi perlombaan.

Keputusan untuk membatalkan GP Belanda juga diambil penyelenggara MotoGP, awal bulan ini. Pengelola Sirkuit Assen mengumumkan mundur dari kalender musim ini.

Fakta tersebut membuat pencinta olahraga balap di Negeri Kincir Angin, gigit jari. 

 

 

Artikel Asli