Mau Jadi Atlet Selancar Profesional? Pria Ini Berlatih sejak Umur 4 Tahun

Mau Jadi Atlet Selancar Profesional? Pria Ini Berlatih sejak Umur 4 Tahun

Olahraga | okezone | Kamis, 20 Januari 2022 - 10:48
share

JAKARTA - Cabang olahraga (cabor) selancar melakukan debutnya di Olimpiade pada tahun 2016 di Rio de Janeiro (Brasil). Salah satu alasannya ialah agar membuat Olimpiade lebih disukai oleh anak muda. Legenda peselancar dunia, Duke Kahanamoku sendiri telah merekomendasikan cabang olahraga ini untuk dipertandingkan di Olimpiade sejak tahun 1920 lalu, namun akhirnya baru bisa terwujud di 2016.

Lalu bagaimana perkembangan olahraga selancar ini di Indonesia? Dochi lewat podcastnya yang bernama Kata Dochi berkesempatan untuk berbincang bersama Mustofa Jeksen, atlet selancar profesional yang sekarang bergabung dalam tim pelatih timnas selancar Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024.

Dalam ceritanya di podcast tersebut, pria berumur 32 tahun ini menceritakan bahwa dalam beberapa tahun ke belakang, minat warga lokal untuk menekuni selancar dan menjadi atlet semakin tinggi.

Atlet selancar, Mustofa Jeksen (MNC Media)

Saat ditanya bagaimana keseriusan pemerintah terhadap olahraga ini, Mustofa menjawab PSOI sebagai organisasi yang menaungi olahraga ini memang tengah terus mencari bibit muda, terlebih pada Olimpiade Tokyo lalu Rio Waida menjadi perwakilan Indonesia.

Kemudian bagaimana caranya jika ingin menjadi atlet selancar profesional? Mustofa menjelaskan untuk sedini mungkin berlatih.

Saya belajar surfing kira-kira dari umur empat tahun, saat itu karena ikut-ikutan kakak saya," kata Mustofa.

Topik Menarik