Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Dapat Saran dari Arsene Wenger-nya Asia Tenggara

Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Dapat Saran dari Arsene Wenger-nya Asia Tenggara

Olahraga | okezone | Kamis, 20 Januari 2022 - 08:37
share

SHIN Tae-yong pernah mendapat saran tak lama ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 29 Desember 2019. Saran itu diterima Shin Tae-yong dari Arsene Wenger-nya Asia Tenggara, Krishnasamy Rajagobal.

Krishnasamy Rajagobal yang membawa Timnas Malaysia juara Piala AFF 2010 itu menyarankan Shin Tae-yong untuk belajar budaya Indonesia. Sebab, itu merupakan salah satu cara instan Shin Tae-yong mengenal karakter pemain dan sepakbola Indonesia.

K Rajagobal

(Rajagobal (kiri) sempat memberi saran kepada Shin Tae-yong)

Shin Tae--yong harus bisa cepat adaptasi dengan budaya. Contoh, jika saya ke Vietnam, saya harus cepat belajar budaya Vietnam, kalau saya ke Thailand, saya juga harus belajar budaya Thailand, kata Krishnasamy Rajagobal mengutip dari VocketFC.

Jadi, pelatih dapat ramuan terbaik untuk menguatkan tim. Apakah pemain ini punya senjata atau kelebihan bisa dipersatukan, lanjut pria yang disebut memiliki perawakan dengan pelatih legenda Arsenal, Arsene Wenger itu.

Saran Krishnasamy Rajagobal sebenarnya dijalankan betul Shin Tae-yong. Di awal-awal menangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong langsung belajar budaya Islam.

Alasan Shin Tae-yong belajar budaya Islam supaya dapat menyusun program latihan yang tak bentrok dengan jadwal ibadah personel skuad Garuda. Sejauh ini, Shin Tae-yong pun telah beradaptasi dengan budaya di Indonesia.

Topik Menarik