Lewandowski Pemain Terbaik FIFA

Lewandowski Pemain Terbaik FIFA

Olahraga | koran-jakarta.com | Rabu, 19 Januari 2022 - 08:00
share

PARIS - "Striker" Bayern Muenchen yang juga pemecah rekor pencetak gol Robert Lewandowski mempertahankan gelar pemain pria terbaik FIFA. Penghargaan itu diberikan pada acara yang berlangsung Senin (17/1) malam waktu setempat. Sementara kapten tim Barcelona Alexia Putellas meraih penghargaan untuk pemain wanita terbaik.

Lewandowski yang berusia 33 tahun mencetak rekor gol Bundesliga musim lalu. Dia mengungguli pemain asal Argentina dan Paris Saint-Germain, Lionel Messi. Lewandowski juga mengalahkan pemain asal Mesir dan Liverpool, Mohamed Salah untuk penghargaan tersebut.

"Saya senang dan terhormat bisa memenangkan penghargaan ini, dan saya merasa sangat bangga," ujar Lewandowski yang total mencetak 48 gol untuk klub dan negaranya pada 2020-2021.

Lewandowski mencetak tiga gol untuk Bayern pada akhir pekan sehingga jumlah golnya musim 2021-2022 menjadi 39 gol dalam 33 pertandingan.

Trofi itu adalah penghiburan bagi striker Polandia yang kalah dari Messi untuk penghargaan Ballon d'Or pada bulan November.

Bagi Putellas, itu menjadi penghargaan kedua setelah pemain asal Spanyol itu menang atas rekan setimnya di Barcelona Jennifer Hermoso dan striker Australia dari Chelsea Sam Kerr, seperti yang dia lakukan untuk Ballon d'Or.

Gelandang berusia 27 tahun itu menikmati musim 2020-2021 yang luar biasa bersama Barcelona, memimpin tim Catalan itu memenangi La Liga Spanyol dan Liga Champions. "Trofi ini untuk semua orang di tim," ujar Putellas. "Trofi akan menjadi inspirasi bagi kami semua," sambungnya.

Cristiano Ronaldo memenangkan Penghargaan Khusus sebagai pengakuan atas rekor gol internasional terbanyak yang dicetak untuk negaranya, mengalahkan rekor lama Ali Daei 109 untuk Iran. Ronaldo yang berusia 36 tahun sekarang memiliki 115 gol dari 184 pertandingan dengan Portugal setelah melakukan debutnya pada usia 18 tahun pada tahun 2003.

Penjaga gawang Chelsea Edouard Mendy dan Christiane Endler dari Lyon memenangkan penghargaan penjaga gawang terbaik. Chelsea meraih kedua penghargaan untuk pelatih terbaik melalui Thomas Tuchel dan Emma Hayes. ben/AFP/S-2

Topik Menarik