Demi Amankan Cabor Tinju di Olimpiade 2028, WBC dan IBA Kerja Sama

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 22:00
Demi Amankan Cabor Tinju di Olimpiade 2028, WBC dan IBA  Kerja Sama

SKOR.id - Munculnya wacana pencoretan cabang olahraga (cabor) tinju dari Olimpiade Los Angeles 2028 membuat Dewan Tinju Dunia (WBC) bergerak.

Badan tinju profesional pimpinan Mauricio Sulaiman itu mengaku sudah komunikasi dengan Asosiasi Tinju Internasional (IBA) selaku federasi tinju amatir untuk Olimpiade.

"Ini saatnya dunia tinju bersatu karena basis tinju adalah amatir. Semua berawal dari sana," kata Mauricio Sulaiman kepada Boxing Scene yang dilansir Inside The Games.

Sulaiman menambahkan, pihaknya juga telah mencoba menghubungi Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mengatasi perkara tersebut.

Menurutnya, semua pihak yang berkaitan dengan tinju harus turun tangan membenahi internal federasi sebelum 2023 demi amankan tiket Olimpiade 2028.

"Tinju profesional berasal dari tinju Olimpiade dan tinju amatir. Jadi, kita sebagai industri tidak boleh mengabaikannya," jelasnya.

"Kami harus menghadapi masalah ini secara langsung dan bekerja sama. Apakah itu jurnalis, promotor, manajer, trainer, atau petarung, kita tidak boleh berpangku tangan dan melihat apa yang dibawa takdir."

"Kami telah berkomunikasi dengan AIBA (sekarang IBA) dan kami telah mencoba untuk komunikasi dengan Komite Olimpiade Interasional," imbuhnya.

Masih menurut Sulaiman, tinju adalah olahraga yang sangat diminati oleh pemirsa dan salah satu yang paling populer di berbagai ajang Olimpiade.

Oleh karena itu, tinju harus tetap menjadi bagian dari kemeriahan Olimpiade hingga kapan pun. Dengan kata lain, mereka akan melakukan apa pun untuk memperbaiki.

"Kami sangat terbuka untuk membantu apa pun. WBC bergerak di tinju profesional, tapi kami membangun komitmen untuk tinju amatir," tuturnya.

"(Komitmen) itu bertahun-tahun lalu setelah aksi mengerikan AIBA membawa tinju profesional ke Olimpiade hanya demi uang dan penonton."

"Tinju adalah olahraga yang luar biasa. Cabang olahraga tersebut ada di posisi keempat dalam rating Olimpiade terakhir (di Tokyo 2020)."

"Jadi, kita semua (para stakeholder) harus aktif dalam melindungi olahraga tinju," pungkas Sulaiman.

Selain tinju, cabang olahraga yang juga dicoret dari daftar penampil utama di Olimpiade 2028 adalah angkat besi dan pentathlon.

Ketiga cabang olahraga itu harus segera membenahi apa yang diminta IOC jika ingin tetap menjadi bagian dari Olimpiade di masa depan.

WBC Beri Garansi Kepada Canelo Alvarez untuk Tampil di Kelas Penjelajah

&

Artikel Asli