Sandiaga Uno Urun Ide untuk Formula E Jakarta: Libatkan UMKM!

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 18:00
Sandiaga Uno Urun Ide untuk Formula E Jakarta: Libatkan UMKM!

SKOR.id - Gelaran Formula E akan menghampiri Jakarta pada Juni 2022. Hajatan ini menjadi perhatian khusus Menteri Pariwisata RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga Uno turut "urun ide" atas penyelenggaran seri Formula E 2022 nanti. Menurutnya, perlu ada pemaksimalan potensi ekonomi dengan adanya event berkelas dunia ini.

Salah satu yang ditekankan adalah pelibatan UMKM dalam event Formula E. Bahkan, Sandiaga mendorong Pemprov DKI untuk berani membuat pra-event Formula E.

"Seperti kita menyiapkan Asian Games (2018), bahwa ini (Formula E Jakarta) tidak hanya event-nya saja," kata Sandiaga Uno dalam unggahan terbarunya di Instagram.

"Harus ada pra-eventnya dan juga pelibatan UMKM." katanya menambahkan.

Di sisi caption, Sandiaga Uno juga menitikberatkan potensi ekonomi Formula E Jakarta untuk bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan memicu kebangkitan ekonomi.

"Ini semua demi terciptanya lapangan kerja baru dan memicu kebangkitan ekonomi!"

Tantangan "memaksimalkan potensi ekonomi"

Kritik terhadap peningkatan ekonomi di balik penyelenggaraan Formula E sebenarnya sudah terdengar sejak hampir dua tahun lalu, tahun 2020.

RisetFormule Citoyenne dirilis pada tahun tersebut dan menampilkan "ketidakpuasan" atas para pengusaha yang terlibat dalam ajang Formula E.

Dalam surveinya,alih-alih menggenjot ekonomi para pengusaha, 70 persen di antaranya mengatakan sebaliknya.

Mayoritas pebisnis mengaku rugi. Dari survei 70 pengusaha, 49 di antaranya mengaku pernah merasakan dampak negatif balapan.

Sedangkan 28,6 persen menyatakan tidak untung dan hanya 1,4 persen yang untung.

Indonesia tidak harus melihat survei ini secara mentah. Namun, solusi besar perlu diterapkan untuk melibatkan elemen pariwisata serta pelibatan UMKM ini saat terselenggaranya balapan pada tengah tahun 2022 mendatang.

Lando Norris: Carlos Sainz Jr adalah Salah Satu Pembalap Terbaik F1

3 Pertarungan Terbaik di F1 2021, Semua Libatkan Lewis Hamilton

&
Artikel Asli