Makanan Ini Baik untuk Hati

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 16:35
Makanan Ini Baik untuk Hati


SKOR.id - Beberapa makanan sangat direkomendasikan untuk beberapa organ. Hati adalah salah satu organ terpenting. Serta salah satu korban utama dari kebiasaan buruk.

Hati bertanggung jawab untuk memecah karbohidrat, membuat glukosa, dan mendetoksifikasi tubuh. Sebagai aturan umum, produk ultra-olahan, kaya gula dan lemak, harus dihindari.

Kesehatan hati sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sebagai pendamping, konsumsi buah dan sayuran penting.

Selain itu, ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan fungsi hati. Mereka disebut choleretics, karena mereka meningkatkan produksi empedu, dan cholagogues, yang membantu mengosongkan kantong empedu.

Ada banyak makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk membantu melindungi hati.Makanan khusus ini untuk merawat hati.

1. Brokoli
Ini adalah salah satu sayuran terbaik untuk merawat hati, karena menyediakan belerang, penting dalam fase detoksifikasi. Untuk mendapatkan lebih banyak, kukus, karena ini akan meminimalkan hilangnya nutrisi.

2. Buncis
Seperti kacang-kacangan lainnya, buncis menyediakan asam amino, zat yang sangat penting untuk membentuk enzim, yang terlibat dalam pembersihan hati.

3. Asparagus
Asparagus mungkin masih jarang dikonsumsi. Bahkan terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Padahal, manfaatnya untuk kesehatan tubuh tidak kalah hebat dengan jenis sayuran lain.

Asparagus memiliki bentuk menyerupai batang bambu dan berukuran kecil. Sayuran berwarna hijau dan putih ini dapat dikonsumsi langsung maupun diolah dengan cara ditumis atau dipanggang.

Asparagus juga dapat dijadikan sebagai bahan campuran sup. Tak hanya mencegah, kandungan serat dalam asparagus juga mampu mengatasi sembelit.

4. Apel
Apel kaya akan antioksidan, penting untuk menetralkan radikal bebas. Ini juga menyediakan pektin, serat larut yang bertanggung jawab untuk berfungsinya usus dengan baik dan menghilangkan zat melalui tinja.

5. Daun bawang
Ini adalah salah satu sayuran yang paling menarik untuk hati. Berkat kandungan belerangnya, daun bawang membantunya berfungsi secara normal. Makanan yang kaya zat ini juga bawang merah dan bawang putih.

6. Anggur
Studi yang dimuat dalam World Journal of Gastroenterology melaporkan bahwa anggur, jus anggur, dan biji anggur kaya akan antioksidan yang dapat membantu hati dengan mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan hati.

Makan anggur berbiji utuh adalah cara sederhana untuk menambahkan senyawa ini ke dalam makanan.

Suplemen ekstrak biji anggur juga dapat memberikan antioksidan. Namun, penggunaan suplemen akan lebih baik jika dam pengawasan dokter.***

5 Makanan yang Bagus untuk Mencegah Kram Otot

9 Manfaat Kembang Kol sebagai Makanan Super, Menurut Ahli Diet

&
Artikel Asli