Tak Penuhi Persyaratan Vaksinasi, Petenis Ceko Renata Voracova Dideportasi dari Australia

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 13:30
Tak Penuhi Persyaratan Vaksinasi, Petenis Ceko Renata Voracova Dideportasi dari Australia

SKOR.id - Setelah ramai pemberitaan mengenai skandal visa Novak Djokovic yang membuatnya terancam batal tampil di Australian Open 2022, kini giliran petenis asal Ceko, Renata Vora yang ditolak masuk ke Australia.

Renata Voracova dideportasi setelahnya visanya dibatalkan oleh Pasukan Perbatasan Australia diBandara Tullamarine, Melbourne,Australia, Sabtu (8/1/2022).

Pihakberwenangmembatalkan visa Voracova karena tidak memenuhi persyaratan vaksinasi Covid-19untukpara pendatang dari luar Australia yang akan mengunjungi negara tersebut.

Petenis berusia 38 tahun itu sempat ditahan di tempat yang sama dengan Novak Djokovic.

"Semua pelancong yang memasuki Australia harus melakukannya sesuai dengan undang-undang dan persyaratan masuk kami yang ketat, terlepas dari status atau alasan mereka memasuki negara itu," Pasukan Perbatasan Australia memberikan pernyataan.

Salah satu sumber mengatakan,PasukanPerbatasan Australia telah menyelidiki visa dua orang yang terkait dengan Australian Open 2022. Namun, salah satu dari dua orang tersebut bukanlah Novak Djokovic.

Pemerintah Ceko akhirnya mengonfirmasi bahwa salah satu dari orang yang diperiksa itu adalah Voravoca. Sedangkan satu orang lainnya dilaporkan sebagai ofisial yang terkait dengan turnamen.

Investigasi Pasukan Perbatasan Australia terhadap status visa dua orang lain yang terkait dengan Australia Terbuka telah selesai, tambah pihak otoritas setempat.

ABF (PasukanPerbatasan Australia) dapat mengonfirmasi bahwa kedua individu sekarang telah secara sukarela meninggalkan Australia.

Voracova awalnya diizinkan untuk berpartisipasi dalam Australian Open 2022 setelah memanfaatkan 'pengecualian medis' yang diberikan oleh Asosiasi Tenis Australia.

Sebagai informasi, Voracova diketahui belum divaksinasi Covid-19.

Tetapi, pemerintah Australia memutuskan mengubah peraturan tersebut setelah mempelajari bahwa ancaman varian virus baru Omicron dapat membahayakan kesehatan warga setempat.

Pengecualian medis juga dianggap bukanalasan yang dapat diterima bagi warga negara asing untuk masuk tanpa divaksinasi sepenuhnya.

Sementara itu, Novak Djokovic saat ini masih menetap di tahanan sementara otoritas setempat. Petenis putra nomor 1 dunia itu masih menunggukeputusan selanjutnya dibahas pada sidang kedua yang bakal berlangsung Senin (10/1/2022).

Kelelahan, Naomi Osaka Mundur dari Melbourne Summer Set

&
Artikel Asli