Repsol Honda Makin Terpuruk, Livio Suppo Sebut Marc Marquez Jadi Penyebabnya

Repsol Honda Makin Terpuruk, Livio Suppo Sebut Marc Marquez Jadi Penyebabnya

Olahraga | okezone | Sabtu, 8 Januari 2022 - 08:05
share

AALST Mantan kepala Tim Repsol Honda, Livio Suppo prihatin melihat kondisi tim berlogo sayap yang pernah ia bela dulu itu kini justru tengah terpuruk di ajang balap MotoGP. Menurut Suppo, semua itu penyebabnya karena Marc Marquez yang tak bisa ikut membantu Honda dalam perkembangan motor mereka.

Sekadar informasi, Suppo bergabung dengan Repsol Honda pada 2011 lalu. Dia menjadi salah satu sosok yang berkontribusi memboyong Casey Stoner dan mengantarkannya juara MotoGP 2011.

Kemudian, dua tahun berselang pria asal Italia itu naik jabatan menjadi kepala tim. Lalu, dia sukses mempersembahkan gelar juara dunia MotoGP pertama untuk The Baby Alien julukan Marquez.

Akan tetapi, tak lama setelah membantu Marquez merengkuh gelar MotoGP 2017, Suppo memutuskan untuk pergi meninggalkan Honda. Dia beralasan ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarganya.

Marc Marquez

Setelah kepergiannya, The Baby Alien masih sangat mendominasi MotoGP. Pembalap asal Spanyol itu pun menambah dua trofi lagi dalam kabinetnya yang didapat dua tahun berturut-turut.

Namun, pada musim 2020 juara MotoGP enam kali itu mengalami kecelakaan parah di Jerez yang membuatnya mengalami cedera lengan sehingga harus absen dalam waktu yang lama. Bahkan, setelah memasuki musim 2021, rasa sakit dari cederanya itu masih terasa. Alhasil, dia tidak bisa tampil maksimal dan membuatnya kehilangar gelar dua musim berturut-turut.

Menjelang MotoGP 2022 dimulai, Repsol Honda terancam kembali tidak bisa diperkuat Marquez dalam beberapa balapan awal musim. Sebab, pembalap berusia 28 itu berkutat dengan penyakit matanya yang membuat penglihatannya kabur.

Topik Menarik