Jawa Timur Mendapat Kuota Paling Banyak untuk Liga 3 Nasional

Olahraga | jawapos | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 13:42
Jawa Timur Mendapat Kuota Paling Banyak untuk Liga 3 Nasional

JawaPos.com- Sebagaimana yang diprediksi sebelumnya, Jawa Timur mendapat kuota paling banyak untuk Liga 3 Nasional. Dari rilis resmi PSSI kemarin (5/1), Jawa Timur mendapatkan kuota 8 tim. Paling banyak di antara Liga 3 regional yang dilaksanakan asprov PSSI dari 31 provinsi yang menggelar Liga 3.

Sekretaris Asprov PSSI Jatim Dyan Puspito Rini menyatakan, kuota 8 tim yang diberikan bukan tanpa alasan. Peserta Liga 3 zona Jatim paling banyak di antara zona lainnya. Jadi, memang adil. Dengan kuantitas dan kualitas kompetisinya, delapan tim memang sudah seharusnya, jelasnya.

Dengan masuknya 8 tim ke Liga 3 Nasional, perempuan yang akrab disapa Ririn itu punya harapan besar. Dia ingin ada perwakilan dari Jatim yang bisa promosi ke Liga 2 musim ini.

Apalagi, sudah teruji dengan kompetisi yang begitu ketat. Jumlah pemain yang bisa direkrut opsinya juga lebih banyak daripada regional lain, ujarnya.

Dengan kuota delapan tim, dipastikan tidak akan ada playoff untuk mendapatkan tiket ke Liga 3 Nasional. Delapan tim yang masuk babak 8 besar lolos otomatis ke Liga 3 Nasional.

Yakni, NZR Sumbersari, Persedikab Kediri, Gresik United, Persewangi Banyuwangi, Deltras Sidoarjo, Putra Delta Sidoarjo, Persida Sidoarjo, dan Persinga Ngawi.

Sementara itu, Sekjen PSSI Yunus Nusi menuturkan, Liga 3 Nasional akan dimulai pada 29 Januari hingga 5 Februari mendatang. Sebanyak 64 tim akan bertarung dengan sistem home tournament (setengah kompetisi). Jika sesuai dengan jadwal, final Liga 3 Nasional akan dilaksanakan pada 6 Maret, paparnya.

Artikel Asli