Pelatih Timnas Malaysia U-23 Kandidat Latih Senior, Keuntungan Buat Indonesia?

Olahraga | sindonews | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 12:02
Pelatih Timnas Malaysia U-23 Kandidat Latih Senior, Keuntungan Buat Indonesia?

KUALA LUMPUR - Tim nasional (timnas) Malaysia U-23 berpeluang dtinggalkan pelatih Brad Maloney. Juru taktik asal Australia itu tengah dipertimbangkan menggantikan Tan Cheng Hoe sebagai pelatih timnas senior.

Maloney, 49, baru saja membarui kontrak dua tahun untuk memimpin tim Malaysia U-23 pada November. Penghargaan itu berkat sukses memuncaki grup kualifikasi U-23 Asia.

Media Malaysia percaya bahwa Maloney sedang ditargetkan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk posisi pelatih kepala timnas senior, setelah Tan Cheng Hoe mengundurkan diri pada 3 Januari.

Namun, FAM sejauh ini belum mengambil keputusan, karena penunjukan pelatih asing membutuhkan pendapat dari pengurus organisasi ini.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang Brad Maloney menggantikan Tan Cheng Hoe untuk memimpin timnas," kata Sekjen FAM Mohd Saifuddin Abu Bakar dilansir vnexpress.net.

"Ini baru diputuskan pada rapat Komite Tim Nasional. Sampai saat ini, kami tidak tahu. Pertemuan itu akan diadakan dalam waktu dekat karena kami tidak punya waktu. Dalam enam bulan, Malaysia akan melakoni kualifikasi Piala Asia."

Maloney, mantan pemain Australia, dipuji setelah membantu Malaysia memuncaki grup yang berisi Thailand, tuan rumah Mongolia, dan Laos di babak kualifikasi U-23 Asia pada akhir Oktober 2021.

Harimau Malaya Muda -julukan timnas Malaysia U-23, menang atas Laos dan Mongolia sebelum bermain imbang dengan Thailand 0-0. Thailand hanya meraih lima poin akibat ditahan imbang 1-1 Mongolia di laga pembuka, sehingga mereka finis di urutan kedua grup.

Maloney adalah asisten di tim nasional Malaysia dan U-23 dari 2014 hingga 2018. Dia memimpin tim Malaysia U-19 dari 2019 hingga 2021 sebelum mengambil alih tim U-23.

Malaysia bersama Indonesia terjebak di Grup B pada Piala AFF U-23 2022 . Dua tim lainnya, Myanmar dan Laos.

Di Grup A, berisi timnas Kamboja, Timor Leste, Filipina dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup C Thailand akan berjibaku dengan Vietnam dan Singapura.

Kejuaraan AFF U23 akan digelar di Kamboja pada 14-26 Februari 2022. Indonesia merupakan juara bertahan setelah mengalahkan Thailand 2-1 pada final di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, 26 Februari 2012. Dua gol Indonesia dicetak Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay.

Artikel Asli