Fans Thailand Ngeri Kekuatan Timnas Indonesia U-23: Gajah Perang Muda, Waspadalah!

Olahraga | sindonews | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 10:03
Fans Thailand Ngeri Kekuatan Timnas Indonesia U-23: Gajah Perang Muda, Waspadalah!

JAKARTA - Penampilan timnas Indonesia senior di Piala AFF 2020 menuai decak kagum suporter Thailand. Bahkan mereka mengingatkan Thailand mewaspadai timnas Indonesia U-23 jika ingin menjuarai Piala AFF U-23 2022 yang digelar 14-26 Februari di Kamboja.

Skuat Garuda Muda -julukan timnas Indonesia U-23- kemungkinan masih diisi pemain yang tampil di Piala AFF 2020. Ramai Rumakiek masih akan dipanggil Pelatih Shin Tae-yong lantaran masih berusia 19 tahun.

Lalu, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Witan Suelaeman yang berusia 20. Egy Maulana Vikri (21), Asnawi Mangkualam juga masih bisa dipanggil. Mayoritas pemain di Piala AFF 2020 memang bermaterikan pemain muda.

Tapi, dengan pemain muda tersebut Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 dan finis runner-up usai dikalahkan Thailand dengan agregat 3-6. Tim Garuda menyerah 0-4 pada leg pertama dan bermain imbang 2-2 pada leg kedua.

Laga partai final leg kedua Piala AFF 2020 dijadikan patokan. Menurut suporter Thailand, para pemain muda Indonesia mampu memberikan tekanan begitu hebat pada laga tersebut.

"Indonesia menakutkan, karena sebagian besar dari mereka berasal dari tim U-19 dan U-23, tetapi bisa memberikan tekanan kepada skuat Thailand begitu hebatnya," kata salah seorang pendukung Thailand, dilansir media Bongda24h.

Pendukung tersebut juga mewanti-wanti Timnas Thailand U-23 mewaspadai Indonesia pada ajang Piala AFF U-23. Dia pun ragu dengan apa yang bisa ditawarkan Tim Gajah Perang Muda -julukan timnas Thailand U-23- pada ajang tersebut karena dinilai tidak memiliki jam terbang internasional sebanyak Indonesia.

"Kemudian, turnamen selanjutnya adalah U-23 Asia Tenggara, apa yang dilakukan Thailand pada turnamen ini?" imbuhnya. "Generasi muda Indonesia ini layak disaksikan, mereka masih muda, tetapi bermain sangat baik," kata pendukung Thailand yang lain.

Indonesia yang menjadi juara bertahan, terjebak di Grup B pada Piala AFF U-23, bersama Malaysia, Myanmar dan Laos. Sedangkan Thailand di Grup C bersama Vietnam dan Singapura. Di Grup A, berisi timnas Kamboja, Timor Leste, Filipina dan Brunei Darussalam.

Artikel Asli