Sikat Bali United, Persebaya Gemilang di Tengah Keterbatasan Skuad

Olahraga | jawapos | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 10:07
Sikat Bali United, Persebaya Gemilang di Tengah Keterbatasan Skuad

JawaPos.com- Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso menatap pertandingan tunda pekan ke-17 Liga 1 dengan perasaan kecewa.

Aji menganggap PSSI ingkar janji karena Ernando Ari, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya belum bisa kembali ke klub menjelang pertandingan melawan Bali United. Padahal, tenaga mereka sangat dibutuhkan.

Namun, bukan Aji namanya jika tidak bisa memaksimalkan keterbatasan skuad. Menjelang pertandingan melawan Bali United, Aji memompa semangat juang para pemain. Dia meminta kepada para pemain yang dimainkan untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan.

Saya cuma meminta mereka untuk memaksimalkan kesempatan dengan baik. Alhamdulillah, tim bermain maksimal, ucap pelatih asal Kabupaten Malang, Jawa Timur, itu setelah pertandingan.

Motivasi yang disampaikan Aji berbuah manis. Salah seorang pemain yang jarang diturunkan sebagai starter, Samsul Arif, menjawab kesempatan dengan mencetak gol pembuka pada menit ke-5.

Gol itu membuat semangat Green Force julukan Persebaya semakin berlipat. Akhirnya, Persebaya berhasil menambah dua gol lagi lewat aksi Bruno Moreira Soares (64) dan Marselino Ferdinan (74). Sementara itu, satu-satunya gol Serdadu Tridatu julukan Bali United dilesakkan Eber Bessa (14).

Aji memuji aksi Samsul. Mantan penyerang Barito Putera itu membuktikan bahwa dirinya belum habis. Samsul punya pengalaman yang cukup bagus. Tadi (semalam, Red) dia bisa mencetak gol meski jarang tampil sebagai starter. Saat diberi kesempatan, Samsul langsung membuktikan, ungkap mantan pelatih tim nasional Indonesia U-23 tersebut.

Marselino ikut bahagia karena bisa mencetak gol kemenangan untuk Green Force. Pemain bernomor punggung 7 itu mempersembahkan gol dan kemenangan Persebaya untuk Bonek dan seluruh masyarakat Surabaya.

Puji Tuhan, saya bisa memberikan pembuktian saat diberi kepercayaan oleh pelatih. Ini berkat kerja keras tim, ucapnya.

Marselino menilai, kemenangan Persebaya atas Serdadu Tridatu sangat penting. Tambahan tiga poin itu membuat Persebaya semakin percaya diri menatap seri keempat Liga 1. Hasil tersebut juga membuat Persebaya belum tersentuh kekalahan dalam sebelas pertandingan beruntun. Kami optimistis menatap pertandingan berikutnya, tegas Marselino.

Sementara itu, asisten pelatih Bali United Yogie Nugraha tidak menampik absennya head coach Alessandro Stefano Cugurra alias Teco karena sedang mengikuti kursus kepelatihan di Bali memengaruhi tim. Namun, para pemain sudah mengerahkan kemampuan terbaik untuk berusaha memenangi pertandingan.

Sayang, dewi fortuna belum berpihak kepada kami. Saya bertanggung jawab atas hasil ini, ucap mantan pelatih fisik Persija Jakarta itu.

Sebenarnya, Bali United sempat memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan lewat titik putih pada menit ke-87. Namun, eksekusi penalti Ilija Spasojevic dimentahkan kiper muda Persebaya Andhika Ramadhani.

Saya tidak mau berbicara soal kegagalan penalti Spaso. Saya tidak mau menyalahkan siapa-siapa. Hasil ini menjadi tanggung jawab saya, tegas Yogie.

Artikel Asli