Harga Pasar Pemain Indonesia Melejit usai Piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam Tembus Rp6,52 M

Olahraga | inewsid | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 09:30
Harga Pasar Pemain Indonesia Melejit usai Piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam Tembus Rp6,52 M

JAKARTA, iNews.id- Harga pasar pemain Timnas Indonesia langsung melejit tinggi usai tampil impresif di Piala AFF 2020. Menurut, situs transfermarkt bek Indonesia Asnawi Mangkualam menjadi pemain dengan harga pasar termahal.

Timnas Indonesia mencuri perhatian pecinta sepak bola Asia Tenggara di Piala AFF 2020. Indonesia yang banyak diisi pemain muda mampu mengejutkan dengan mencapai partai final Piala AFF 2020.

Sayang, Indonesia kalah di final melawan skuad pengalaman Timnas Thailand. Indonesia kalah agregat 2-6 dari Thailand dalam laga dua leg.

Indonesia juga menjadi tim produktif dengan mencetak 21 gol. Pemain-pemain muda Indonesia pun mencuri perhatian.

Melihat dari situs Transfermarkt, Rabu (5/1/2021), setidaknya terdapat 21 pemain dari total 30 Skuad Garuda di Piala AFF 2020 mengalami kenaikan harga. Asnawi Mangkualam menjadi pemain yang paling mahal harga pasarnya.

Ezra Walian. (Foto: Instagram @Persib)
Ezra Walian. (Foto: Instagram @Persib)

Pemain yang membela klub Ansan Greeners itu berharga Rp6,52 miliar, naik dari Rp6,08 miliar. Nilai pasar Asnawi bahkan masuk dalam 10 pemain termahal di Asia Tenggara saat ini.

Kemudian posisi kedua ada Ezra Walian. Pemain naturalisasi itu tak mengalami kenaikan harga, tetap dihargai Rp5,65 miliar. Hal serupa juga terjadi pada Evan Dimas Darmono, yang berada di peringkat tiga dengan nilai harga pasar Rp5,65 miliar.

Lonjakan yang signifikan juga didapatkan Pratama Arhan dengan menduduki peringkat empat. Pemain muda terbaik di Piala AFF 2020 itu kini berharga Rp5,65 miliar, naik dari Rp4,35 miliar. Lalu, lima besar ditutup kiper Nadeo Argawinata, yang memiliki mahar Rp5,21 miliar.

Nama Irfan Jaya dan Rachmat Irianto juga mengalami peningkatan harga. Kedua pemain tersebut kini memiliki harga Rp5,21 miliar, sama seperti Nadeo. Kemudian Ryuji Utomo juga alami kenaikan harga dengan banderol Rp4,78 miliar.

Harga pasaran Pratama Arhan naik usai Piala AFF 2020. (Foto: Instagram/
Harga pasaran Pratama Arhan naik usai Piala AFF 2020. (Foto: Instagram/

Lalu ada Muhammad Riyandi dan Alfreanda Dewangga juga alami peningkatan. Riyandi yang berposisi sebagai kiper saat ini memiliki harga pasaran yang sama seperti Dewangga, yaitu seharga Rp4,35 miliar.

Adapula nama Kushedya Hari Yudo, Kadek Agung, Ricky Kambuaya dan Edo Febriansyah mengalami peningkatan dengan harga yang sama yaitu seharga Rp3,91 miliar. Harga pasaran Egy Maulana Vikri juga meningkat cukup pesat. Kini pemain asal Medan itu seharga Rp3,04 miliar dari Rp2,61 miliar.

Sementara itu, disaat pemain yang lain alami peningkatan harga, Witan Sulaeman justru alami penurunan harga. Dia memiliki harga pasaran Rp434,54 juta.

Penurunan harga pasar ini diketahui juga berdampak pada penampilannya di klub. Witan yang kini membela Lechia Gdansk belum pernah mencatatkan debut bermain.

Meski demikian, Witan berhasil tampil mengesankan di Piala AFF 2020. Pemain berusia 20 tahun itu tercatat mempersembahkan lima assist dan dua gol untuk Timnas Indonesia.

Artikel Asli