Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Toraja: Kode Navarone Foor Bela Timnas Indonesia

Olahraga | sindonews | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 08:07
Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Toraja: Kode Navarone Foor Bela Timnas Indonesia

Pemain keturunan Indonesia berdarah Toraja Navarone Foor menjadi pilihan winger untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia. Winger yang pernah bermain di Vitesse Arnhem di Eredivisie Belanda itu memiliki garis keturunan Indonesia.

Pemain berusia 29 tahun itu lahir di Opheusden, Belanda pada 4 Februari 1992. Meski merupakan warga negara Belanda, Navarone Foor layak untuk memperkuat Timnas Indonesia dengan memanfaatkan darah keturunan Indonesia.

Navarone Foor menjadi pemain keturunan Indonesia berdarah Tana Toraja diturunkan neneknya, Christina Seru yang berasal dari Kalimbuang, Kapala Pitu, Toraja Utara. Sedangkan kakeknya, Foor, dari Key, Maluku Tenggara. Nah, ayahnya, Junis Foor menikahi Mathilda, wanita campuran Seram-Malang (Jawa Timur).

Navarone Foor tercatat pernah membela Timnas Belanda U-19 hingga U-21 tapi belum berseragam tim senior. Dengan pengalamannya di Eredivisie Belanda, Navarone Foor yang kini bermain di klub Pafos bisa menjadi pilihan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di winger atau gelandang.

Saat ini, sejumlah pemain keturunan Indonesia menjalani proses naturalisasi di antaranya Mees Hilger, Sandy Walsh, Ragnar Oratmangoen. Sebelumnya, Elkan Baggott pemain keturunan Indonesia berdarah Jakarta yang sudah dinaturalisasi.

Elkan Baggott bahkan sudah mencetak gol debut Timnas Indonesia saat mengalahkan Malaysia 4-1 di Piala AFF 2020. Elkan Baggot yang memiliki tinggi 197 cm menjadi pilar tangguh di pertahanan Timnas Indonesia.

Artikel Asli