Otmar Szafnauer Resmi Tinggalkan Tim Balap Formula 1 Aston Martin

Olahraga | sindonews | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 03:15
Otmar Szafnauer Resmi Tinggalkan Tim Balap Formula 1 Aston Martin

LONDON - Tim Prinsipal Aston Martin, Otmar Szafnauer, resmi meninggalkan tim pabrikan asal Inggris tersebut. Informasi tersebut dikonfirmasi langsung melalui pernyataan resmi tim Aston Martin.

"Otmar Szafnauer telah meninggalkan perusahaan dan perannya di tim Formula 1 Aston Martin Cognizant akan dikelola dalam tim kepemimpinan sampai penggantinya ditunjuk," bunyi pernyataan dalam situs resmi Aston Martin, Kamis (6/1/2021).

Tim yang memiliki markas di London, Inggris, itu juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Otmar, mengingat pria kelahiran Rumania itu telah berada di tim selama 12 tahun lamanya.

Lebih lanjut, Aston Martin juga menyatakan mereka tidak keberatan dengan hengkangnya Otmar. Fokusnya saat ini yaitu menatap musim 2022 sebaik mungkin.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih atas layanan yang diberikan kepada tim selama 12 tahun terakhir, dan berharap yang terbaik untuknya di masa depan, karena dia pasti akan menghadapi tantangan baru," ungkapnya.

"Fokus tim saat ini adalah mempersiapkan mobil sekompetitif mungkin untuk awal musim 2022," lanjutnya.

Rumor perihal hengkangnya Otmar sebenarnya sudah kencang berembus sejak November 2021 lalu. Kabar yang beredar menyebutkan kalau dia bakal hijrah ke Alpine, sebagai bagian perombakan manajemen. Namun, hal tersebut terus dibantah olehnya.

Otmar sendiri memiliki jasa yang sangat berharga. Dia mulai bergabung sejak 2009, yang mana saat itu memiliki nama Force India.

Dia mampu membawa Force India finis di urutan ketujuh klasemen konstruktor pada 2010. Otmar juga mampu membawa Force India merangsek ke peringkat keenam pada 2011, 2013, dan 2014.

Mereka mampu menembus lima besar pada 2015 dan puncaknya finis di P4 konstruktor F1 pada 2016 dan 2017. Sukses tersebut mengantar Otmar menjadi prinsipal tim tersebut pada 2018 setelah pergantian manajemen menjadi Racing Point untuk kemudian Aston Martin.

Artikel Asli