Loading...
Loading…
Kilas Balik Persis Solo Terakhir Kali Promosi ke Kasta Tertinggi

Kilas Balik Persis Solo Terakhir Kali Promosi ke Kasta Tertinggi

Olahraga | skor.id | Selasa, 28 Desember 2021 - 19:00

SKOR.id - Penantian suporter Persis Solo untuk melihat tim kesayangan tampil di kasta tertinggi sepak bola Indonesia telah berakhir.

Persis Solo dipastikan promosi ke Liga 1 musim depan setelah mengalahkan Dewa United FC di Stadion Pakansari, Bogor, dengan skor 2-1, Senin (27/12/2021) malam.

Kemenangan di laga semifinal tersebut tak hanya membuat Persis Solo promosi ke Liga 1 2022, tapi juga lolos ke final Liga 2 2021.

Pencapaian serupa pernah dicatatkan tim berjuluk Laskar Sambernyawa pada musim 2006. Waktu itu, mereka juga tampil di final Divisi I, melawan Persebaya Surabaya.

Mirip seperti format Liga 2 2021, Divisi I 2006 juga diawali dengan babak penyisihan grup yang terbagi dalam empat wilayah.

Persis Solo tergabung di Wilayah III bersama Persebaya Surabaya, Persid Jember, PSMP Mojokerto, Persipro Probolinggo, Persibo Bojonegoro, Gresik United, Persiba Bantul, dan Persedikab Kabupaten Kediri.

Di fase grup, Persis Solo tampil cukup meyakinan, tak terkalahkan dalam enam laga awal. Termasuk mengalahkan Persebaya dengan skor 1-0, 15 Maret 2006.

Kekalahan pertama tim asal Kota Bengawan ini terjadi pada 20 April 2006. Persis Solo takluk 1-2 dari tuan rumah Mojokerto Putra.

Baca Juga :
Persis Solo Terakhir Kali di Kasta Teratas pada 2007, MU Masih Jago

Di fase grup, dalam 16 pertandingan yang dilakoni, Persis Solo hanya dua kali menelan kekalahan. Satu kekalahan lain diterima kala bertandang ke markas Persebaya.

Melawan tim berjuluk Bajul Ijo, Wahyu Tri Nugroho dan kolega harus menyerah dengan skor 0-3.

Performa apikpada fase grup dan finis di peringkat kedua membuat Persis Solo berhak melanjutkan langkahnya ke babak 8 besar mendampingi Persebaya yang jadi juara grup.

Padababak 8 besar,Laskar Sambernyawa tergabung di Grup B bersama Persikabo Bogor, Persiraja Banda Aceh, dan Perseman Manokwari.

Menghadapi Persikabo pada 8 Agustus 2006,kemenangan 3-1 dicatatkan. Dua hari kemudian, Persis harus puas berbagi satu poin dengan Persiraja.

Sementara padalaga terakhir yang menentukan, Perseman Manokwari sukses ditaklukan dengan skor 2-1.

Pada akhir babak 8 besar, jumlah poin yang dicatatkan sama dengan Persiraja. Namun Persis berhak menjadi juara grup karena unggul selisih gol.

Laskar Sambernyawa kemudian berhak tampil di final menghadapi Persebaya yang menjadi juara Grup A babak 8 besar Divisi I 2006.

Baca Juga :
Final Liga 2: Lawan Klub Raffi Ahmad, Persis Solo Bidik Juara

Kelolosan ke partai puncak membuatPersis otomatis mendapatkan satu tiket promosi ke Divisi Utama 2007.Meski akhirnyagagal menjadi juara Divisi I 2006.

Bertanding di Stadion Brawijaya, Kediri, 16 Agustus 2006, sekitar 20 ribu penonton yang memadati tribun menjadi saksi kekalahan Persis dari Persebaya.

Bajul Ijo unggul 2-0 berkat golNova Arianto pada menit ke-41, dan gol bunuh diri pemain Persis, Denny Ariyanto, pada menit ke-64.

Hasil Dewa United vs Persis Solo: Menang Comeback, Laskar Sambernyawa Amankan Tiket ke Liga 1

Semifinal Liga 2 2021 Digelar Tanpa Penonton, Begini Respons Pelatih Persis Solo &

Original Source

Topik Menarik