Final Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Suntik Mental Juara kepada Para Penggawa Timnas Indonesia

Olahraga | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 12:25
Final Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Suntik Mental Juara kepada Para Penggawa Timnas Indonesia

SINGAPURA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, mempersiapkan pasukannya dengan baik jelang final Piala AFF 2020. Dari sisi psikologis, Shin Tae-yong menyuntikkan mental juara kepada para pemain asuhannya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia melaju ke laga pamungkas usai menyingkirkan Singapura dengan agregat 5-3. Sementara itu, Thailand melenggang ke partai puncak berkat kemenangan agregat 2-0 atas Vietnam.

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Final ini merupakan ujian bagi Indonesia yang skuadnya mayoritas dihuni pemain muda. Pada usia yang sangat belia, mereka harus melepas kutukan langganan runner-up dan memenuhi ekspektasi publik sepakbola Indonesia.

Namun, Shin Tae-yong mengingatkan publik untuk tidak khawatir. Pelatih asal Korea Selatan itu akan membagikan pengalamannya, yang pernah menjadi juara, kepada Skuad Garuda agar siap menjalani pertai penting.

Saya ingin juara, tapi juara tidak hanya didapat dengan berbicara. Juara hanya bisa didapat dengan kerja keras. Saya pernah menjadi juara beberapa kali, kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers virtual, Selasa (28/12/2021).

Saya punya pengalaman, ini akan dimanfaatkan, saya akan tanamkan mentalitas kepada pemain, saya yakin ini bisa membantu untuk menjadi juara, sambungnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mengatakan, bahwa penanaman mentalitas pemenang tersebut sudah dilakukannya sejak fase grup. Oleh sebab itu, mantan pelatih Korea Selatan itu tidak khawatir perihal psikologis pemain.

Artikel Asli