Final Piala AFF, Pemuda Perindo: Hadapi Tim The Elephant War, Mental Baja akan Bawa Timnas Jadi Juara!

Olahraga | sindonews | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 10:38
Final Piala AFF, Pemuda Perindo: Hadapi Tim The Elephant War, Mental Baja akan Bawa Timnas Jadi Juara!

JAKARTA - - Pemuda Perindo memastikan spirit juang dan mental baja yang dimiliki timnas Indonesia akan mampu membawa Indonesia menjuarai Piala AFF 2020 saat kontra timnas Thailand.

"Harapan kita tentu saja melihat timnas Indonesia menjadi juara dan mengangkat trofi piala AFF," kata Ketua Umum DPP Pemuda Perindo Effendy Syahputra di Jakarta, Selasa (28/12/2021).

Dia menjelaskan timnas Indonesia sudah lama menantikan piala AFF setelah5 kali lolos ke final, namun selalu gagal menjadi juara.

Final piala AFF kali ini adalah kesempatan emas yang harus diraih Indonesia untuk menunjukkan sebagai tim terbaik.

"Ini adalah momentumnya. Sekarang!" ujar Effendy.

Menurutnya, di bawah arsitek Shin Tae-yong, timnas Indonesia saat ini memiliki pemain berkualitas dengan skill individu mumpuni.

Lihat Grafis: Jadi Tim Tersubur, Ini Mesin Gol Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Dia berpesan agar masyarakat Indonesia turut mendoakan agar timnas mampu meraih kemenangan di dua leg pada partai final piala AFF.

"Dengan permainan apik Timnas saat ini, plus doa dukungan 260-an juta penduduk Indonesia, mudah-mudahan harapan kita melihat timnas Indonesia mengangkat trofi akan terwujud," ujarnya.

Secara head to head, Effendy mengakui timnas Indonesia sedikit di bawah timnas Thailand. Namun, motivasi, psikologi dan spirit juang yang dimiliki para pemain tim asuhan Shin Tae-yong tidak diragukan lagi.

"Kalau dalam hal ini, timnas Indonesia di atas timnas Thailand," ungkapnya.

Menghadapi pasukan The Elephant War , Effendy berpesan agar Skuad Garuda Indonesia mampu beradaptasi untuk bermain compact defense, bertahan kuat dan bersiap menghadapi serangan cepat timnas Thailand.

"Timnas kita harus melakukan permainan high pressing dan one two touch dalam memberikan umpan, karena ini lebih efektif dalam menghadapi pemain Thailand yang rata-rata berpostur tinggi," ungkap mantan Manajer Semen Padang dan PSIM Yogyakarta ini.

Diketahui, Indonesia berjumpa Thailand di final Piala AFF 2020 ini. Laga leg pertama bakal digelar di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021).

Sementara itu, leg kedua dilangsungkan di tempat yang sama tiga hari kemudian pada Sabtu (1/1/2022).

Adapun, Indonesia mendapatkan tiket final piala AFF setelah mengandaskan tuan rumah Singapura 4-2, sedangkan Thailand melaju ke final usai menundukkan Vietnam 2-0 dalam dua leg di partai semifinal.

Artikel Asli