Ini 5 Bek Tengah Terbaik Liga Primer Inggris pada 2021

Olahraga | republika | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 10:38
Ini 5 Bek Tengah Terbaik Liga Primer Inggris pada 2021

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pamor Liga Primer Inggris yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir telah menarik minat sejumlah pemain papan atas, tidak terkecuali buat para bek tengah. Klub-klub kontestan Liga Primer pun tidak keberatan mengeluarkan puluhan juta poundsterling dengan mendatangkan pemain yang menjadi benteng pertahanan terakhir.

Bek tengah kaliber dunia yang terakhir mencoba peruntungan di Liga Primer adalah Raphael Varane. Varane, peraih empat titel Liga Champions bersama Real Madrid, sepakat bergabung bersama Manchester United.

Tidak hanya untuk para pemain papan atas, pesona Liga Primer juga begitu menarik buat pemain muda. Ibrahim Konate, yang didatangkan dari RB Leipzig, memutuskan melanjutkan kariernya bersama Liverpool.

Bek tengah berusia 22 tahun itu diplot untuk menjadi pengganti Virgil van Dijk sebagai palang pintu utama the Reds pada masa mendatang. Kehadiran pemain-pemain ini pun dinilai meningkatkan level permainan tim, yang akhirnya mendongkrak tingkat persaingan dalam perebutan gelar juara Liga Primer.

Secara khusus, dengan tuntutan dan evolusi permainan di sepak bola modern, bek tengah tidak lagi hanya berperan untuk menjaga pertahanan. Para palang pintu ini juga kerap terlibat dalam mengawali serangan.

Berdasarkan laporan SportsKeeda , Selasa (28/11), berikut lima bek tengah yang tampil begitu menonjol di Liga Primer Inggris pada sepanjang 2021.

5. John Stones (Manchester City)

Pada pengujung tahun 2020, Stones dikabarkan masuk dalam daftar jual pemain the Citizens. Maklum, inkonsistensi performa mewarnai perjalanan Stones pada tahun lalu.

photo
Bek tengah Manchester City, John Stones. - (Gareth Copley / Pool via AP)

Kendati begitu, bek tengah asal Inggris itu mampu kembali mendapatkan kepercayaan dari pelatih Pep Guardiola begitu memasuki Januari 2021. Cedera yang dialami Aymeric Laporte bisa dimanfaatkan oleh Stones.

Setelah hanya tampil di 11 laga pada paruh pertama musim lalu, Stones merumput di 24 laga pada paruh kedua musim berikutnya. Bek tengah berusia 27 tahun itu mampu tampil solid bersama Ruben Dias dalam menjaga jantung pertahanan the Citizens.

Dari 34 penampilan pada sepanjang 2021, Stones berhasil membawa the Citizens mencatatkan clean sheet di 18 partai. Performa impresif Stones pada paruh kedua musim lalu akhirnya membawa Stones dipercaya tampil di Euro 2020. Stones bahkan tidak pernah absen di semua laga timns Inggris di Euro 2020 pada Juni-Juli lalu.

Artikel Asli