Seongnam FC, Klub Korea Selatan yang Kabarnya Mengincar Pratama Arhan

Olahraga | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:39
Seongnam FC, Klub Korea Selatan yang Kabarnya Mengincar Pratama Arhan

NAMA Pratama Arhan kini mencuri perhatian karena kiprahnya di Piala AFF 2020 bersama Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Akan tetapi, pada pertengahan tahun ini, pemain PSIS Semarang itu juga sempat mencuri perhatian karena dikabarkan menjadi incaran klub Korea Selatan, Seongnam FC.

Seongnam FC baru saja menuntaskan K-League 1 2021 di posisi ke-11 dari 12 tim yang berlaga. Hasil itu membuat Seongnam FC harus melalui babak play-off untuk agar tidak terdegradasi ke K-League 2.

Pratama Arhan (Foto: PSSI)

Sekarang, Seongnam FC ada di masa sulit. Akan tetapi, Seongnam FC tetap merupakan salah satu klub besar di Korea Selatan dengan koleksi 16 trofi bergengsi yang di antaranya adalah tujuh gelar juara K-League dan dua Liga Champions Asia.

Prestasi apik itu dibukukan Seongnam FC saat masih bernama Chunma FC dan Seongnam Ilhwa. Pada 2014, pemerintah kota mengambil alih kepemilikan klub sehingga namanya pun menjadi Seongnam FC. Warna jersey utama yang tadinya kuning kini menjadi hitam.

Sekadar informasi, Seongnam FC punya sejarah dengan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sebab, juru taktik asal Korea Selatan itu pernah membela panji Seongnam FC pada 1992-2005.

Shin Tae-yong adalah bagian dari Seongnam FC saat menjuarai Liga Champions pertama mereka pada 1995. Sebagai pemain, Shin Tae-yong telah mencatatkan 403 penampilan dengan torehan 99 gol di berbagai ajang.

Artikel Asli