KOI Optimistis Sanksi WADA Dicabut Maret 2022

Olahraga | koran-jakarta.com | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 07:24
KOI Optimistis Sanksi WADA Dicabut  Maret 2022

JAKARTA - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari optimistis sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA) terhadap Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) bisa dicabut pada Maret 2022.

Hal itu disampaikan Oktohari setelah menemui Direktur Umum Regional Anti-Doping ASEAN (SEARADO) Gobinathan Nair di Singapura, pekan lalu. Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan progres Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan yang tertunda ( pending matters ), termasuk hasil pertemuannya dengan Sekretaris Jenderal WADA Olivier Niggli dan Direktur Regional Anti-Doping Eropa serta Relasi Federasi Internasional Sbastien Gillot di Lausanne, Swiss, awal Desember.

Okto, sapaan Raja Sapta, mengatakan respons Gobi sangat positif terhadap progres yang telah diselesaikan LADI. Namun masih ada pekerjaan rumah lain yang harus dituntaskan demi status compliance (patuh) dari WADA.

"Tentu masih ada pekerjaan rumah yang harus dikerjakan LADI. Tapi, dengan progres saat ini kami sangat optimistis triwulan awal sanksi WADA untuk LADI bisa ditangguhkan. Kami tengah berusaha memperjuangkannya, apalagi agenda olahraga 2022 sangat padat," Okto dalam rilis pers KOI yang diterima Senin (27/12).

Indonesia akan menghadapi kalender olahraga 2022 yang padat yakni SEA Games (12-23 Mei), Islamic Solidarity Games (9-18 Agustus), Asian Games (10-25 September), dan Asian Youth Games (20-28 Desember). ben/S-2

Artikel Asli