Banyak Kontroversi di 2021, Nico Rosberg Minta Formula 1 Perketat Aturan

Olahraga | sindonews | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 06:25
Banyak Kontroversi di 2021, Nico Rosberg Minta Formula 1 Perketat Aturan

JAKARTA - Nico Rosberg menilai seharusnya FIA dapat memperketat aturan di lintasan. Apalagi setelah perebutan gelar juara dunia F1 yang cukup kontroversial sepanjang musim.

Keputusan yang inkonsistensi menjadi topik perbincangan tersendiri selama F1 2021 . Bagaimana tidak, terdapat beberapa keputusan berbeda yang diambil untuk kejadian serupa.

Seperti pada GP Arab Saudi 2021, Max Verstappen dipaksa memberikan posisinya, setelah memotong lintasan. Namun, hukuman serupa tak terjadi ketika Lewis Hamilton melakukannya di GP Abu Dhabi.

"Olahraga ini harus membuat perkembangan. Dimulai dari aksi salip-menyalip. Jangan lupa di balapan terakhir, Max Verstappen menyalip Lewis dan sedikit mendorongnya," kata Rosberg dikutip Motorsport Week, Minggu (26/12/2021).

Padahal, Hamilton dianggap melakukan kesalahan serupa, dan seharusnya memberikan posisinya kepada Verstappen. Hal itu pun menciptakan perdebatan di antara mantan pembalap.

"Lewis tak melepas gas dan memotong tikungan sehingga berada di depan lagi. Meski begitu, para ahli menganggap seharusnya Lewis memberikan posisinya kepada Max. Namun, mereka tak memberikannya instruksi," ujarnya.

Oleh sebab itu, Rosberg berharap FIA dapat lebih menegaskan aturan. Dengan begitu, tidak aada lagi tanda tanya mengenai siapa yang membuat kesalahan dan hukumannya.

"FIA seharusnya memperketat peraturan, sehingga perdebatan ini tak perlu terjadi. Akan lebih baik jika peraturannya lebih mudah untuk dipahami. Siapa yang salah atau benar. Keputusan yang cepat juga harus diambil," tutur Rosberg.

Artikel Asli