5 Kecelakaan di Formula 1 2021, Salah Satunya Nyaris Renggut Nyawa Hamilton

Olahraga | sindonews | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 01:01
5 Kecelakaan di Formula 1 2021, Salah Satunya Nyaris Renggut Nyawa Hamilton

JAKARTA - Persaingan Mercedes dan Red Bull Racing di lintasan balap Formula 1 2021 layak dijadikan sorotan. Namun, di samping rivalitas itu, ada sederet kecelakaan balap tak bisa diabaikan.

Tahun 2021 merupakan periode bersejarah untuk dunia balap Formula 1. Pembalap muda Red Bull, Max Verstappen, berhasil merengkuh gelar juara dunia pertamanya di lintasan balap jet darat.

Kemenangan pembalap 24 tahun asal Belanda sekaligus menandai runtuhnya dominasi Mercedes sejak era mesin hybrid turbo yang dimulai pada 2014. Selama perioode itu, Lewis Hamilton dan Mercedes begitu dominan.

Keberhasilan Verstappen meruntuhkan dominasi Mercedes diwarnai sejumlah kecelakaan di lintasan balap. Baik melibatkan sang pembalap muda secara langsung -maupun tidak langsung, berikut lima kecelakan di lintasan balap F1 2021:

5. Kecelakaan di Imola

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, sukses merebut kemenangan dalam balapan Formula 1 GP Emilia Romagna di Sirkuit Imola, Italia, pada Minggu (18/4/2021). Balapan ini sempat dihentikan akibat insiden kecelakaan antara Valtteri Bottas dan George Russell di akhir trek lurus pada Lap 33.

Sebelum insiden terjadi, Valtteri Bottas ada di sisi kiri lintasan, padahal racing line ada di sebelah kanan karena selanjutnya adalah tikungan ke kiri. Tak pelak celah dari pembalap Finlandia itu dimanfaatkan George Russell untuk overtaking, tetapi Bottas memutuskan untuk segera kembali ke racing line.

Tabrakan keduanya tak bisa dihindari, bahkan Russell langsung keluar dari mobil hanya untuk mengumpat kepada Bottas dan memukul helmnya menggunakan sarung tangan.

4. Kecelakaan Tunggal Hamilton di Baku

Lewis Hamilton berpeluang mengambil alih pimpinan klasemen F1 2021 ketika melakoni balapan di Baku, Azerbaijan, Minggu (6/6/2021) lalu. Sayang, pembalap Mercedes itu justru terlibat kecelakaan tunggal.

Mobil yang dikemudikan Hamilton keluar lintasan saat start ulang di lap ke-50 dari 51. Standing start dilakukan setelah sempat dihentikan akibat Max Verstappen crash.

3. Kecelakaan di Silverstone

Nasib nahas menimpa pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen, di F1 GP Inggris 2021. Tampil di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu 19 Juli 2021 malam WIB, insiden dialami Verstappen dengan pembalap andalan Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton.

Aksi kejar-kejaran antara dua rival itu langsung terjadi pada lap pertama. Namun, terjadi insiden antara kedua pembalap itu pada tikungan kesembilan, atau Copse. Ban belakang Verstappen tersenggol ban depan Hamilton yang hendak menyalip.

Senggolan, Balapan Terhenti Sementara Mobil Verstappen berputar sebelum menabrak dinding pembatas. Verstappen mampu keluar dari mobilnya dan tampak baik-baik saja. Setelah itu, bendera merah berkibar pada lap kedua sehingga balapan dihentikan sementara waktu.

2. Kecelakaan di GP Hungaria

Kecelakaan hebat terjadi di awal balapan Formula One (F1) GP Hungaria 2021 pada Minggu 1 Agustus 2021 malam WIB. Gara-gara kecelakaan di tikungan pertama Sirkuit Hungaroring, Hungaria tersebut, banyak pembalap yang tak bisa menyelesaikan balapan, termasuk Charles Leclerc.

Belakangan Prinsipal Tim Mercedes AMG Petronas Toto Wolf

mengakui bahwa kecelakaan beruntun itu tak lepas dari kesalahaan pembalap Valtteri Bottas yang terlambat menginjak rem ketika memasuki tikungan pertama.

1. Kecelakaan di Monza

Max Verstappen dianggap menjadi biang keladi kecelakaan yang melibatkan pembalap Mercedes, Lewis Hamilton di Sirkuit Autodromo Internazionale Monza, Italia, Minggu (12/9/2021) malam WIB. Atas insiden tersebut, pembalap tim Red Bull Racing tersebut dijatuhi penalti berupa turun tiga grid saat menjalani balapan Formula 1 di Grand Prix (GP) Rusia.

Insiden tersebut terjadi di lap ke-26 saat Verstappen berusaha untuk menyalip Hamilton yang baru saja keluar dari pit di tikungan pertama. Namun, usahanya tersebut pun malah merugikan dirinya dan Hamilton. Akibatnya kedua pembalap tersebut pun gagal menyelesaikan balapan dan tidak bisa mendulang poin. Parahnya, kecelakaan itu nyaris merenggut nyawa Hamilton karena ban mobil Verstappen sampai masuk ke kokpit Hamilton.

Artikel Asli