Piala Dunia 2 Tahun Sekali dan Masa Depan Pemain Usia Muda

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 22:43
Piala Dunia 2 Tahun Sekali dan Masa Depan Pemain Usia Muda

SKOR.id - FIFA terus menggalang suara agar mayoritas negara anggota menyetujui proposal Piala Dunia senior digelar tiap dua tahun sekali.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 1930, pesta bola dunia ini digelar tiap empat tahun sekali.

Dengan Piala Dunia diselenggarakan tiap dua tahun sekali, FIFA dan negara-negara yang mendukungnya, yakin lebih banyak kesempatan didapat buat negara kecil lolos ke Piala Dunia.

Ditambah lagi dengan ajang senior ini lebih sering digelar, maka akan linear dengan penyelenggaraan kelompok umur.

Kita tahu FIFA punya penyelenggaraan Piala Dunia tiap dua tahun, untuk U-17 dan U-20.

Kalau Piala Dunia senior juga digelar dua tahun sekali, maka pemain di angkatan U-17 dan U-20, tidak perlu menunggu lama untuk berharap bisa lolos ke Piala Dunia senior.

Presiden FIFA, Gianni Infantino mengungkapkan hasil survey yang dilakukan Iris one, memperlihatkan fakta bahwa isu Piala Dunia digelar tiap dua tahun ini mendapatkan sambutan positif dari generasi muda.

"Ada 100 ribu penggemar sepak bola dari 140 negara yang disurvey, hasilnya menunjukkan generasi muda menginginkan Piala Dunia lebih teratur dan lebih sering," kata Gianni Infantino.

Proposal Piala Dunia diselenggarakan tiap dua tahun bisa jadi akan diputuskan melalui forum kongres dan puncaknya dilakukan pemungutan suara.

Sebabnya proposal itu mendapat tentangan dari UEFA dan Conmebol. Konfederasi sepak bola Eropa dan Amerika Selatan itu adalah sekutu.

Penolakan UEFA dan Conmebol mendapatkan dukungan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Badan olahraga dunia itu menganggap Piala Dunia dua tahunan bisa merusak tatanan olahraga lain. Puncaknya berimbas ke Olimpiade.

Kalau UEFA, Conmebol, dan banyak klub Eropa menyatakan Piala Dunia dua tahunan sama saja membunuh pemain. Karena bisa terjadi pemain kelelahan.

Kalau PSSI, melalui Sekjen Yunus Nusi, sudah menyatakan dukungan atas rencana Piala Dunia digelar tiap dua tahun sekali. Itu sejalan dengan sikap AFC dan AFF.

Ricky Riskandi: Peningkatan Intensitas Latihan Penting Dibangun Sejak di SSB

Liga TopSkor 2021-2022 Zona Sulteng Resmi Dimulai

&
Artikel Asli