Sejarah Indonesia Vs Thailand di Final AFF: Duel Klasik yang Selalu Sulit Bagi Garuda

Olahraga | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 23:00
Sejarah Indonesia Vs Thailand di Final AFF: Duel Klasik yang Selalu Sulit Bagi Garuda

SINGAPURA, iNews.id- Timnas Indonesia akan melawan Thailand di final Piala AFF 2020. Ini merupakan duel klasik penuh sejarah di Piala AFF.

Indonesia melaju ke final usai menumbangkan tuan rumah Singapura dengan skor agregrat 5-3. Laga leg kedua yang berlangsung Sabtu (25/12/2021) berjalan sangat sengit dan penuh drama.

Tiga kartu merah bagi pemain Singapura dan penyelamat heroik Nadeo Argawinata mewarnai kemenangan Skuad Garuda 4-2 atas The Lions. Indonesia lolos ke final keenam dalam sepanjang sejarah Piala AFF.

Lawan Indonesia di final ialah Raja AFF, Thailand. Thailand lolos ke final setelah menyingkirkan Vietnam dengan skor agregrat 2-0. Laga leg kedua yang berlangsung Minggu (26/12/2021), Thailand berhasil menahan gempuran Vietnam dan lolos ke final.

Duel Indonesia vs Thailand di Final AFF mempunyai sejarah panjang. Lima kali final Indonesia di Piala AFF, tiga di antara bersua Tim Gajah Perang.

Sayang, Skuad Garuda memiliki rekor buruk ketika berjumpa Thailand di final. Tiga kali pertemuan sebelumnya Indonesia selalu kalah.

Timnas Indonesia dan Thailand bertemu di partai puncak Piala AFF 2000, 2002 dan 2016. Pada Piala AFF 2000, Indonesia dipertemukan dengan Thailand racikan Peter Withe.

Dalam laga yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Timnas Indonesia tumbang 1-4 dari Thailand. Saat itu, Worrrawoot Srimaka menjadi mesin gol Thailand dengan mencetak hattrick. Sementara itu, gol tunggal Timnas Indonesia diciptakan Uston Nawawi.

Selang dua tahun, Indonesia kembali bertemu Thailand, namun kali ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sempat tertinggal dua gol lebih dulu, Timnas Indonesia berhasil menyamakan kedudukan via aksi Yaris Riyadi dan Gendut Doni. Skor bertahan 2-2 dan berlanjut hingga adu tendangan penalti dan Indonesia akhirnya kalah 2-4 dari Thailand.

Selanjutnya di Piala AFF 2016, Timnas Indonesia dan Thailand bertemu di final dalam dua leg. Pada leg I yang digelar di Stadion Pakansari, Timnas Indonesia menang 2-1.

Saat itu, gol-gol Timnas Indonesia diciptakan Rizky Pora dan Hansamu Yama Pranata. Sayangnya di leg II, Timnas Indonesia tumbang 0-2 dari Thailand. Karena itu, Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2016 setelah menang agregat 3-2.

Namun, sepak bola bukan matematika. Terlebih pasukan Shin Tae-yong yang diisi banyak pemain muda memiliki hasrat tinggi.

Indonesia telah menunjukkan sebagai tim paling menyerang di Piala AFF 2020. Selain itu, tangan dingin Shin Tae-yong diharapkan bisa menghadirkan sejarah bagi Indonesia.

Peluang Indonesia menjadi juara Piala AFF 2020 sangat terbuka. Syaratnya, pasukan Garuda harus fokus dan memperbaiki penyelesaian akhir.

Jadwal Final Piala AFF 2020:

Leg pertama, tanggal 29 Desember 2021
Leg kedua, tanggal 1 Januari 2022

Artikel Asli