Louis van Gaal: Barcelona sudah Lama Meninggalkan Filosofi Sepak Bola

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 22:40
Louis van Gaal: Barcelona sudah Lama Meninggalkan Filosofi Sepak Bola

SKOR.id - Pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal, menyatakan dirinya tidak terkejut dengan kondisi Barcelona sepanjang musim ini.

Sebaliknya, Louis van Gaal melontarkan pernyataan yang Mengejutkan terkait Blaugrana.

Menurut pelatih yang telah berusia 70 tahun tersebut, Barcelona memang sudah lama bukan lagi sebuah "tim" karena terlalu mengandalkan satu pemain.

"Barcelona sudah lama bukan lagi sebuah tim," kata Louis van Gaal dalam wawancaranya dengan Algemeen Dagblad seperti yang dikutip as.com, Minggu (26/12/2021).

Louis van Gaal pernah melatih Barcelona dalam dua periode yaitu pada 1997-2000 dan 2002-2003.

Menurut Louis van Gaal, Barcelona terlalu sangat bergantung kepada sosok Lionel Messi.

Pria asal Belanda ini mengibaratkan, Barcelona seperti bangunan yang dibentuk dari kartu, ketika satu kartu hilang, bangunan itu akan runtuh.

Ketergantungan kepada Lionel Messi memperlihatkan pula Barcelona menyimpang dari filosofi sepak bola sebagai kekuatan yang dibangun secara tim.

"Baca buku saya (buku yang diterbitkan 2019). Di sana saya sudah menyatakan semua tentang Barcelona," kata Louis van Gaal.

"Mereka menjadi sangat tergantung kepada satu pemain, kepada Lionel Messi," kata Louis van Gaal.

"Hal itu pula yang dialami Juventus. Mereka sebelumnya sangat kuat sebagai tim, lalu datanglah Cristiano Ronaldo yang memengaruhi filosofi mereka," kata Louis van Gaal lagi.

VIDEO: 2021 Jadi Tahun Terbaik Vinicius Junior di Real Madrid

Artikel Asli