Kualitas Ikhsan Fandi: Jadi Striker karena Sang Ayah, jadi Kiper Berkat Sang Kakek

Olahraga | indosport.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 20:51
Kualitas Ikhsan Fandi: Jadi Striker karena Sang Ayah, jadi Kiper Berkat Sang Kakek

INDOSPORT.COM - Penggawa Tim Nasional Singapura, Ikhsan Fandi mendadak jadi kiper saat menghadapi Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/21).

Sebagaimana diketahui, Ikhsan Fandi adalah striker muda haus gol milik Timnas Singapura, yang notabene adalah anak dari pesepak bola legendaris, Fandi Ahmad.

Dari tiga anaknya yang meneruskan jejak sebagai pemain bola, ada dua anak yang memilih posisi sebagai striker, posisinya dahulu, yakni Ikhsan Fandi dan Irhan Fandi.

Sementara si sulung Irfan Fandi memilih untuk menjadi bek tengah, mengingat ia memiliki postur yang tinggi menjulang di antara pemain lain, mencapai 1,88 meter.

Namun, dalam pertemuan Timnas Indonesia vs Singapura di semifinal leg 2 Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/21), Irfan Fandi harus mengantongi kartu merah di babak kedua.

Kemudian, memasuki babak tambahan waktu 2x15 menit, kiper Hassan Sunny juga diganjar kartu merah. Alhasil, striker Ikhsan Fandi didaulat menjadi kiper pengganti.

Siapa sangka, Ikhsan Fandi juga piawai mengawal palang pintu terakhir Timnas Singapura yang terus digempur Indonesia. Ikhsan melakukan beberapa penyelamatan.

Usut punya usut, rupanya Ikhsan Fandi juga memiliki darah sebagai seorang kiper. Tak lain adalah sang kakek, Ahmad Wartam, seorang mantan kiper Timnas Singapura.

Ahmad Wartam merupakan kiper andalan Tim Nasional Singapura pada era 1960-an silam. Ahmad Wartam diketahui meninggal dunia pada tahun 2014, di usia 79 tahun.

Menelusuri silsilah sang kakek, Ahmad Wartam merupakan pemain sepak bola kelahiran Singapura, tapi orang tuanya justru berasal dari Pacitan, Jawa Timur.

Artikel Asli