Takluk dari Indonesia, Tatsuma Yoshida Bandingkan Singapura dengan Jepang

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 20:10
Takluk dari Indonesia, Tatsuma Yoshida Bandingkan Singapura dengan Jepang

SKOR.id - Langkah timnas Singapura di Piala AFF 2020 harus terhenti di babak semifinal usai takluk dari Indonesia dengan agregat 3-5.

Meski begitu, pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida, justru memberi rapor bagus kepada Ikhsan Fandi dan kolega atas penampilan di Piala AFF 2020.

Seperti diketahui, dalamlagadi Stadion Nasional Singapura, Sabtu (25/12/2021), skuad asuhan Tatsuma Yoshida pantang menyerah meladeni permainan Indonesia.

Bermain dengan sembilan pemain di waktu normal, timnas Singapura justru mampu mengejutkan Indonesia dengan berbalik unggul dengan skor 2-1.

Namun kesempatan mereka untuk memenangkan pertandingan melalui hadiah penalti pada menit ke-89 gagal dimaksimalkan menjadi gol ketiga.

Waktu normal pun berakhir dengan skor sama kuat 2-2. Meski kehilangan dua pemain andalannya, Safuwan Baharudin dan Irfan Fandi, karena kartu merah, Singapura tetap bisa mengancam gawang Indonesia.

Hanya saja performatim berjuluk The Lionsmenjadi antiklimaks ketika Shawal Anuar mencetak gol bunuh diri pada menit pertama babak tambahan waktu.

Penampilan mengesankan kiper Hassan Sunny hampir sepanjang pertandingan akhirnya juga harus sedikit tercoreng dari kartu merah yang diterima pada menit ke-119.

Kerja keras dan perjuangan pantang menyerah yang ditunjukkan para pemain timnas Singapura membuat Tatsuma Yoshida mengapresiasi penampilan anak-anak asuhnya.

Menurut sang pelatih, laga semifinal leg kedua Piala AFF 2020 melawan Indonesia merupakan penampilan terbaik timnas Singapura sejak Mei 2019.

"Ini penampilan terbaik mereka sejak saya menjadi pelatih Singapura (Mei 2019)," kata Tatsuma Yoshida, dikutip dari FAS.

"Saya merasa senang bekerja dengan mereka dan saya sangat bangga dengan mereka. Mentalitas pantang menyerah ini adalah hal yang paling penting."

"Kami menunjukkan bahwa kami dapat berkembang, menjadi lebih kuat, dan membawa sepak bola Singapura ke tingkat yang lebih tinggi," ia menambahkan.

Lebih lanjut, pelatih berusia 47 tahun itu menyebut standar sepak bola Singapura tidak berbeda jauh dari Jepang yang menempati urutan ke-26 Ranking FIFA.

Ia pun mendorong para pemain Singapura untuk tetap percaya diri dan terus memperbaiki diri untuk mengejar ketertinggalan dari Jepang.

"Saya selalu memberi tahu anak-anak bahwa kami (standar sepak bola Singapura) tidak begitu besar perbedaannya dibandingkan dengan Jepang," ucap Tatsuma Yoshida.

"Jadi, semua orang harus menjaga kepercayaan (untuk sepak bola Singapura). Jika tidak percaya, kami tidak akan pernah bisa mengejar (selebihnya)," ia menjelaskan.

Shin Tae-yong Sebut Kartu Merah Singapura Neraka bagi Timnas Indonesia

Indonesia vs Singapura: Perbandingan Rapor Nadeo Argawinata dan Hassan Sunny

&
Artikel Asli