Poin Ranking FIFA Indonesia Terus Naik Selama Piala AFF 2020, Berpotensi Geser Singapura

Olahraga | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 19:32
Poin Ranking FIFA Indonesia Terus Naik Selama Piala AFF 2020, Berpotensi Geser Singapura

SINGAPURA, iNews.id- Poin Timnas Indonesia di ranking FIFA terus bertambah selama Piala AFF 2020. Indonesia berpotensi mengeser Singapura yang berada di peringkat 160.

Indonesia berhasil mengandaskan Singapura di laga yang berlangsung di National Stadium itu dengan skor 4-2. Sekaligus memastikan diri lolos ke partai puncak karena memperoleh agregrat 5-3 setelah di leg pertama imbang 1-1.

Sejak mendapat hasil di leg pertama saja, Indonesia sudah memperoleh penambahan poin di ranking FIFA sebanyak 11,13 poin. Ini membuat Indonesia kokoh di peringkat 164 dan dinobatkan sebagai tim Asia paling berkembang bulan ini oleh FIFA.

Pada leg kedua kemenangan Indonesia tentu menambah pundi-pundi poin di ranking tersebut. Sebanyak tambahan 2,55 poin membuat Indonesia kini memperoleh 994,92 masih di peringkat 164.

Sementara Singapura yang kini menempati peringkat 160 justru mengalami pengurangan poin. Sebanyak 2,55 poin berkurang dan membuat total yang mereka miliki adalah 1000,78 poin.

Kebetulan, Singapura merupakan pesaing terdekat Indonesia di peringkat FIFA khusus negara Asia Tenggara. Dengan hasil ini, kini Indonesia dan Singapura hanya terpaut 5,86 poin.

Dengan selisih poin itu, potensi Indonesia menggeser Singapura semakin besar, termasuk dalam hal pembagian pot di drawing kualifikasi Piala Asia pada 2023 mendatang. Namun itu belum bisa terjadi meski Indonesia memenangkan laga final Piala AFF 2020 sekalipun.

Indonesia tetap harus memiliki pertandingan yang berpengaruh pada ranking FIFA pada Januari mendatang. Tentunya kemenangan menjadi hal yang wajib mereka dapatkan.

Indonesia sejauh ini lolos ke kualifikasi Piala Asia 2023 setelah menang atas Taiwan di babak Play-off pada Juni lalu. Indonesia tergabung bersama Nepal, Bangladesh, Sri Langka, Mongolia, dan Guam/Kamboja di pot 4.

Sementara Singapura bersama Malaysia berada di pot 3. Mereka bersama sejumlah negara seperti Hong Kong, Yaman, Afghanistan, dan Maladewa.

Belum ada informasi resmi kapan drawing akan digelar. Satu hal yang pasti adalah kualifikasi Piala Asia 2023 akan dimulai pada 1 Februari hingga 27 September 2022 mendatang.

Artikel Asli