Piala AFF: Hassan Sunny, Tembok Kokoh Singapura yang Sulitkan Kemenangan Timnas

Olahraga | indosport.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 16:41
Piala AFF: Hassan Sunny, Tembok Kokoh Singapura yang Sulitkan Kemenangan Timnas

INDOSPORT.COM Intip profil singkat Hassan Sunny, kiper gaek Singapura yang sempat sulitkan Timnas Indonesia meraih kemenangan di leg kedua semifinal Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia sukses meraih hasil bagus saat menjalani laga leg kedua babak semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura, di Stadion Nasional, pada Sabtu (25/12/21) malam WIB.

Timnas Indonesia memastikan tiket ke final setelah unggul dengan skor akhir 4-2 lewat babak perpanjangan waktu, lantaran skor kedua tim imbang 2-2 (agg: 3-3) di waktu normal.

Ezra Walian membuka keunggulan Timnas Indonesia setelah sepakannya mampu menggetarkan jala gawang Singapura pada menit ke-11.

Namun Singapura berhasil menyamakan kedudukan jelang babak pertama berakhir. Drama tercipta di paruh kedua, saat The Lions yang bermain dengan 9 orang berhasil membalikkan keadaan melalui tendangan bebas Shadan Sulaeman.

Beruntung gol dari Pratama Arhan membantu Timnas Indonesia terhindar dari kekalahan, sekaligus membuat laga dilanjutkan dengan babak tambahan.

Di masa extra time , Timnas Indonesia yang unggul jumlah pemain tanpa kesulitan sukses menambah dua gol lewat aksi bunuh diri Shawal Anuar dan sontekan Egy Maulana Vikri. Skor 4-2 menutup laga.

Dibalik kemenangan dramatis Timnas Indonesia semalam, sosok kiper Singapura, Hassan Sunny jadi perbincangan bahkan trending di sejumlah platform media sosial.

Pasalnya, penjaga gawang berusia 37 tahun ini tampil sangat impresif dan melakukan sejumlah penyelamatan penting untuk membantu Singapura terhindar dari banjir gol atas serangan Timnas Indonesia.

Menukil dari statistik pertandingan semalam, Hassan Sunny berhasil menggagalkan 10 tembakan dari total 14 shot on target yang dilancarkan Timnas Indonesia.

Artinya, tanpa ketangkasan Hassan Sunny yang menjaga mistar gawang Singapura semalam, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan dengan skor di atas empat gol.

Berkat penampilan gemilang kontra Timnas Indonesia, para netizen dunia maya pun sampai menjuluki Hassan Sunny sebagai David de Gea nya Asia Tenggara.

Untuk lebih mengenal sosok Hassan Sunny, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas perjalanan karier serta catatan prestasi yang pernah diraih kiper utama Singapura di Piala AFF 2020 tersebut.

Awal Karier

Hassan Sunny, Tembok Kokoh Singapura yang Sulitkan Kemenangan Timnas di Piala AFF Copyright: twitter.com/FASingapore Hassan Sunny, Tembok Kokoh Singapura yang Sulitkan Kemenangan Timnas di Piala AFF

Menukil dari berbagai sumber, diketahui bahwa Hassan Sunny memulai karier akademi bersama National Football Academy, yakni program pengembangan sepakbola usia muda yang dibuat pemerintah Singapura.

Hassan Sunny bersama para legenda Timnas Singapura seperti Baihakki Khaizan, Shahril Ishak dan Khairul Amri merupakan alumnus akademi ini pada tahun 2002 silam.

Usai lulus dari National Football Academy, Hassan Sunny melanjutkan karier profesionalnya dengan memperkuat sejumlah tim lokal Singapura seperti Geylang United, Young Lions, Geylang United, Tampines Rovers hingga Warriors.

Selain itu, Hassan Sunny juga sempat tampil di kasta teratas Liga Thailand bersama Army United. Di musim 2021 ini, Hassan Sunny masih mentas di Singapore Premier League dengan memperkuat Lion City Sailors.

Artikel Asli