Jantung Ketum PSSI Mau Copot Saksikan Perjuangan Timnas Indonesia

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 15:30
Jantung Ketum PSSI Mau Copot Saksikan Perjuangan Timnas Indonesia

SKOR.id - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menonton jalannya pertandingan leg kedua babak semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia versus Singapura dengan berdebar-debar.

Timnas Indonesia diuntungkan dengan keunggulan jumlah pemain dalam pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam.

Sempat unggul 1-0 pada awal babak pertama, timnas Indonesia gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain.

Bahkan Singapura bisa berbalik unggul 2-1 meski hanya bermain dengan 9 pemain di babak kedua.

Jantung para suporter timnas Indonesia terus berdebar sepanjang 90 menit pertandingan.

Kelegaan sedikit meluap ketika Pratama Arhan mencetak gol penyeimbang pada menit ke-87.

Namun para pendukung skuad Garuda harus kembali menahan napas, termasuk Mochamad Iriawan, ketika wasit memberikan hadiah penalti kepada Singapura di ujung pertandingan.

Jika gol, maka langkah Indonesia bakal selesai di babak semifinal. Penampilan apik kiper Nadeo Argawinata berhasil menghindarkan timnas Indonesia dari kekalahan.

Nadeo berhasil menepis tendangan Faris Ramli sekaligus memaksa pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu 2 x 15 menit.

"Jantung saya mau copot. Ketika kedudukan 2-2 dan Singapura mendapat penalti. Paten penyelamatan Nadeo Argawinata. Seru dan menegangkan. Skor saling susul," kata Mochamad Iriawan, dikutip dari laman PSSI.

Degup jantung para pendukung timnas Indonesia berangsur berkurang ketika pertandingan memasuki babak tambahan waktu.

Apalagi ketika Asnawi Mangkualam dan kolega berhasil kembali unggul dari Singapura pada menit ke-91 melalui gol bunuh diri Shawal Anuar yang salah mengantisipasi sepakan Egy Maulana Vikri.

Para penonton pun semakin yakin skuad asuhan Shin Tae-yong bisa melaju ke babak final setelah Egy Maulana Vikri mencatatkan namanya di papan skor.

Memanfaatkan kemelut di depan gawang Singapura, Egy Maulana Vikri mencetak gol untuk membawa timnas Indonesia unggul 4-2.

Gol Egy menjadi yang terakhir di laga tersebut. Timnas Indonesia lolos ke babak final setelah mengalahkan Singapura dengan agregat 5-3.

Mochamad Iriawan pun memberikan selamat kepada para pemain timnas Indonesia yang telah berjuang keras untuk mengamankan tiket ke partai final.

"Selamat bagi semua pemain yang tampil apik sepanjang dua kali semifinal ini," kata lelaki yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Ia pun berpesan kepada Evan Dimas dan kolega agar kembali fokus mempersiapkan diri menghadapi final Piala AFF 2020.

Iriawan optimistis, skuad Garuda bisa menuntaskan turnamen paling bergengsi di Asia Tenggara ini dengan bagus dan membawa pulang gelar juara Piala AFF 2020.

"Pesan saya, tuntaskan dua laga di babak final dengan kemenangan. Thailand atau Vietnam lawan kita di final tidak ada masalah. Yang penting tetap fokus dan jangan lengah, kita pasti bisa," ujar Iriawan.

"Kita terakhir menjadi kampiun di ASEAN pada 1991. Itu pun pada pentas SEA Games. Dengan materi pemain dan pelatih yang mumpuni, saatnya kita menjadi yang terbaik," ia menambahkan.

Pemain Timnas Indonesia Sempat Ribut dengan Suporter Singapura Sesaat Jelang Penalti Gagal

Calon Bek Naturalisasi Timnas Indonesia Dibidik Feyenoord

&
Artikel Asli