Mengenang Momen Timnas Indonesia Ditekuk Thailand di Final Piala AFF 2016

Olahraga | indosport.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 15:16
Mengenang Momen Timnas Indonesia Ditekuk Thailand di Final Piala AFF 2016

INDOSPORT.COM Lima tahun silam, timnas Indonesia nyaris menjadi juara Piala AFF 2016 andaikata tak ditekuk Thailand di leg kedua babak final.

Kepastian timnas Indonesia melaju ke babak final Piala AFF 2020 usai menaklukkan Singapura dengan skor 4-2 memutar memori kala Garuda nyaris menjadi juara di Piala AFF 2016.

Di Piala AFF 2016, timnas Indonesia berhasil memastikan satu tempat di babak final usai mengalahkan Vietnam secara dramatis.

Penalti Manahati Lestusen di menit ke-97 pada leg kedua semifinal secara dramatis berhasil memulangkan Vietnam dan membawa Garuda terbang ke babak final Piala AFF 2016.

Timnas Indonesia saat itu bertemu dengan Thailand yang secara perkasa berhasil melumat Myanmar dengan skor agregat 6-0.

Diperkuat oleh salah satu generasi timnas Indonesia terbaik, skuat Garuda harus menghadapi Thailand yang merupakan salah satu kekuatan sepak bola Asia Tenggara.

Secara mengejutkan, timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 di leg pertama babak final Piala AFF 2016 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor.

Rizky Pora dan Hansamu Yama menjadi pencetak gol timnas Indonesia. Sementara gol semata wayang Thailand dicetak oleh salah satu striker terbaik mereka sepanjang masa, Teerasil Dangda.

Namun kejutan di leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari itu tak berlanjut di leg kedua yang digelar di Rajamangala Stadium.

Di leg kedua final Piala AFF 2016 tersebut, timnas Indonesia gagal meredam perlawanan Thailand dan harus menyerah dengan skor 2-0.

Hasil negatif di Rajamangala Stadium membuat timnas Indonesia gagal membawa pulang trofi Piala AFF 2016 karena kalah agregat skor dari Thailand.

Artikel Asli