Kaleidoskop 2021: Petarung UFC dengan Pendapatan Terbesar, Conor McGregor Teratas

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 15:15
Kaleidoskop 2021: Petarung UFC dengan Pendapatan Terbesar, Conor McGregor Teratas

 

SKOR.id - Meroketnya pamor seni bela diri campuran (MMA) dalam beberapa tahun terakhir turut melambungkan Ultimate Fighting Championship (UFC).

Bahkan, di kala pandemi Covid-19 seperti sekarang. UFC berhasil mendobrak kebuntuan dengan jadi event pertama yang digelar.

Dengan fakta ini pula, para petarung yang bernaung di bawahnya semakin mendapat sorotan dari masyarakat, khususnya pencinta MMA.

Media ternama Inggris, The Sun, melansir setidaknya ada empat petarung UFC yang mendapat penghasilan terbesar sepanjang 2021.

Keempat petarung tersebut adalah Conor McGregor (Irlandia), Dustin Poirier (Amerika), Israel Adesanya (Nigeria), dan Michael Chandler (Amerika)

Presiden UFC, Dana White, menyebut 2021 sebagai tahun terbaik. "Kami akan memecahkan rekor pembelian bayar per tayang (PPV) terbanyak."

Promosi utama seni bela diri campuran telah menghasilkan pendapatan sekitar 244 juta pounds (sekitar Rp4,2 triliun) selama kuartal ketiga 2021.

Berikut petarung UFC berpenghasilan terbesar pada 2021 versi The Sun:

Conor McGregor

Masuknya nama Conor McGregor di posisi teratas sejatinya tak mengherankan karena sudah sejak lama dirinya dilabeli dengan petarung mahal.

Dilansir dari The Sun, The Notorious merupakanseniman bela diri campuran pertama yang menerima bayaran jutaan pound untuk pertarungannya.

Meski penghasilan pastinya tak diketahui publik, pundi-pundi petarung asal Irlandia itu diyakini mencapai setidaknya 4,4 juta pound (sekitar Rp83 miliar).

Angka tersebut belum termasuk perjanjian tambahan antara dirinya dengan UFC serta pemasukan dari pay per view (PPV) duel yang dilakoninya.

Dustin Poirier

Meski namanya tak sepopuler Conor McGregor, Dustin Poirier menempati urutan kedua petarung dengan pendapatan terbesar sepanjang 2021.

Sebagai informasi, dari duel pertamanya kontra The Notorious pada Januari 2021, dia disebut mengantongi 224 ribu pounds (sekitar Rp4,2 miliar).

Atas dasar itu pula, Dustin Poirier tak ragu kesepakatan baru. Untuk pertarungan triloginya, dia dapat 750 ribu pounds (sekitar Rp14,3 miliar).

Itu belum termasukuang yang diterima petarung berjulukanThe Diamond itu kala menghadapi juara kelas ringan, Charles Oliveira, awal bulan ini.

Israel Adesanya

 

Walau tak berhasil menjadi juara dunia dua divisi, Israel Adesanya, setidaknya melakoni dua pertarungan sepanjang tahun ini.

The Last Stylebender, julukannya, menyisihkan 375 ribu pounds (sekitar Rp7,1 miliar) saat mempertahankan gelar lawan Marvin Vettori pada UFC 263.

Jadi, mengingat fakta bahwa dirinya bertarung dua kali, tahun ini, pria asal Nigeria itu akan menerima minimal 750 ribu pounds (sekitar Rp14,3 miliar).

Angka itu, kemungkinan jauh lebih tinggi ketika perjanjian tambahannya dengan UFC serta pemasukan dari PPV, ikut dalam perhitungan.

Michael Chandler

 

Jika dibandingkan nama-nama lain, Michael Chandler tergolong baru dalam peta persaingan UFC. Tapi, dia membuat kejutan dalam debutnya di Fight Island.

Duelnya dengan Justin Gaethje, belum lama ini, diyakini membuat pundi-pundinya mengalami "pembengkakan"562 ribu pounds (sekitar Rp10,7 miliar).

Presiden UFC, Dana White, meski tak menyebut nama, mengatakan ada petarungnya yang mendapat 750 ribu pounds dari duel di Timur Tengah.

Apapun itu, Michael Chandler kini menjelma sebagai petarung tajir dan angka itu diyakini bakal terus bertambah seiring dengan jadwal tandingnya.

Ingin Lahirkan Petarung Andal, Eko Roni Saputra Bangun Sasana di Kota Kelahiran

Menang KO, Novan Kaunang Juara Baru Kelas Atomweight One Pride MMA

&

Artikel Asli