Bikin Kontroversi saat Pimpin Laga Vietnam Vs Thailand, Wasit Qatar Dipulangkan AFF

Olahraga | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 13:31
Bikin Kontroversi saat Pimpin Laga Vietnam Vs Thailand, Wasit Qatar Dipulangkan AFF

SINGAPURA, iNews.id - Wasit asal Qatar, Saoud Ali Al-Adba resmi dipulangkan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF). Langkah itu diambil setelah dia membuat keputusan kontroversial di laga Vietnam versus Thailand pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020.

Sebagaimana diketahui, kemenangan 2-0 Thailand atas Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 diwarnai kontroversi. Pada laga yang berlangsung di Stadion National Singapura, Kamis (23/12/2021) itu, keputusan-keputusan ganjil wasit Saoud Ali Al-Adba menjadi sorotan terutama bagi kubu Vietnam.

Kontroversi bermula ketika kiper Thailand, Chatchai Budprom hanya diganjar kartu kuning ketika melanggar Nguyen Van Toan. Banyak pihak menilai bahwa Saoud seharusnya mengganjar Budprom dengan kartu merah karena menjatuhkan pemain yang merupakan orang terakhir di lini belakang Thailand dan bergerak bebas.

Insiden berikutnya kala menghadiahi penalti kepada Thailand kala Supachai Jaided beradu fisik dengan Do Duy Manh. Gelombang protes pun berdatangan dari pemain Vietnam dan pelatih, Park Hang-seo, tetapi dirinya tak bergeming.

Federasi sepak bola Vietnam (VFF) pun bereaksi. Sebagaimana dilansir The Thao, Minggu (26/12/2021), Presiden VFF, Tran Quoc Tuan dikabarkan telah berdiskusi dengan pihak AFF untuk menyorot kinerja wasit.

Saoud pun kini resmi diberhentikan dan tidak diperbolehkan memimpin sisa laga Piala AFF 2020. Masih dari sumber yang sama, wasit berusia 35 tahun tersebut dikabarkan telah angkat kaki dari Singapura dan pulang ke kampung halamannya di Qatar.

"Saoud Ali diberhentikan dari tugasnya di Piala AFF 2020 dan dia sudah kembali ke negaranya," lapor The Thao.

Sebelumnya, Saoud menerima teror dari banyak pendukung Vietnam di media sosialnya. Selain itu, akun Facebook-nya sempat diretas oleh orang yang diduga merupakan fans Vietnam.

Situasi memanas kala Saoud balik mengejek pendukung Vietnam. Dirinya menyebut bahwa aksi peretasan tersebut mencoreng harga diri dan kehormatannya.

Sementara itu, pertandingan semifinal antara Thailand dan Vietnam akan berlanjut ke leg kedua. Laga tersebut akan berlangsung pada Minggu (26/12/2021) di Stadion Nasional Singapura, Kallang.

Artikel Asli